nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Capai Target USD5 Miliar di 2019, Pengusaha Minta Tak Ada Ekspor Bahan Baku

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 13:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 09 320 1870199 capai-target-usd5-miliar-di-2019-pengusaha-minta-tak-ada-ekspor-bahan-baku-bCmQNsLq8x.jpeg Foto: Ulfa Arieza/Okezone

JAKARTA - Ekspor mebel dan kerajinan tangan Indonesia ditargetkan secara total mencapai USD5 miliar di tahun 2019. Angka tersebut merupakan akumulasi total ekspor Indonesia dari masa awal pemerintahan Presiden Joko Widodo di 2015. 

Ketua Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Soenoto mengatakan, salah satu langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan nilai ekspor adalah mengurangi ekspor bahan baku dalam bentuk rotan dan kayu. Sebaiknya, dua jenis bahan baku tersebut diolah menjadi mebel maupun kerajinan tangan untuk meningkatkan nilai tambah. 

Baca Juga: Pengusaha Mebel Incar USD5 Miliar dan 500.000 Tenaga Kerja

"Saya yakin di Pemerintah mana pun kalau pemahaman firm tidak akan ekspor bahan baku mentah, karena di situ tidak ada edit value apa apa dan itu semangat instan," ujarnya di JIExpo Kemayoran, Jumat (9/3/2018). 

Di samping itu, Soenoto menyebut industri ini masih membutuhkan dukungan dari pemerintah terutama dari sisi regulasi. Saat ini, kata dia, regulasi industri mebel dan kerajinan tangan masih cenderung berbelit-belit, sehingga industri mebel Indonesia masih kalah bersainga dengan negara-negara lain, termasuk Vietnam, Filipina. 

Baca Juga: Pengusaha Tolak Wacana Ekspor Log dan Rotan

"Sebetulnya, tantangan kita hanya satu, yaitu regulasi yang sangat ulet. Kita semua sadar, ada sekitar 40 ribu lebih regulasi yang sungguh sangat mengganggu. Contoh regulasi yang ruwet, perizinan.  Coba Anda lihat di industri furnitur PMA kita, itu lisencenya kurang lebih 110 lisence," kata dia.

"Makanya saya ilustrasikan toh, kalau tidak bisa memberikan regulasi yang segar, please jangan berikan regulasi yang mengganggu," tandasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini