Image

Anda Ingin Apply Kartu Kredit? Pahami Ini Terlebih Dahulu

Agregasi Minggu 11 Maret 2018 06:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 10 320 1870838 anda-ingin-apply-kartu-kredit-pahami-ini-terlebih-dahulu-Igx2mYR57i.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Jika Anda adalah seorang konsumen aktif atau seorang pengusaha yang terbiasa online, kartu kredit adalah hal yang Anda butuhkan. Namun, sebelum Anda mengutarakan keinginan untuk memiliki kartu kredit, Anda sebaiknya perlu tahu tentang apa itu kartu kredit.

Bank memberikan Anda kartu kredit bukan untuk hadiah cuma-cuma atau tanpa alasan. Kartu kredit yang diberikan bank berfungsi untuk memberikan Anda pinjaman uang ketika ingin membeli sesuatu saat tidak punya uang. Intinya, uang elektronik atau uang yang ada dalam kartu kredit adalah uang pinjaman yang diberikan kepada Anda.

Karena itu, Anda sebaiknya teliti dalam menggunakan kartu kredit untuk berbelanja. Jika Anda memang sudah yakin ingin mengajukan atau apply kartu kredit, simak penjelasannya berikut ini.

1. Pilih Bank yang Punya Kredibilitas

Pilihlah bank penerbit kartu kredit yang punya kredibilitas. Jangan mudah tergiur pada promo-promo yang ditawarkan. Hal itu karena bank sendiri memiliki persyaratan yang cukup banyak dalam permohonan kartu kredit. Jadi, pastikan persyaratannya sesuai dan telah lengkap.

2. Pikirkan Baik-Baik Sebelum Mengajukan

Di sekitar lingkungan Anda, mungkin ada banyak penjual jasa pembuatan kartu kredit. Bahkan, mereka memberikan penawaran yang cukup menggiurkan. Misalnya, limit yang besar, proses pembuatan tidak memerlukan syarat lengkap kecuali KTP, KK, dan lain sebagainya. Ingatlah, jika di dunia ini tidak ada yang instan. Sebab semua membutuhkan proses dari awal.

Yang harus Anda ketahui adalah setiap pembuatan atau pengajuan kartu kredit pasti membutuhkan kelengkapan dokumen sebagai syarat apply kartu kredit. Persyaratan yang diberlakukan bank pasti ada maksud atau alasannya, misalnya untuk mempermudah mengenali siapa nasabahnya dan seperti apa latar belakang si nasabah tersebut.

Jika Anda ingin apply kartu kredit, ada baiknya lakukan dengan cermat dengan datanglah langsung ke bank atau bisa juga menggunakan jasa yang terpercaya, memiliki track record yang bagus, dan lain sebagainya.

3. Agar Riwayat Kredit Baik, Lunasi Tagihan Tepat Waktu

Lunasi tagihan kartu kredit tepat waktu. Usahakan Anda tidak menunggak di bulan berikutnya. Jika berusaha untuk tepat waktu, bank juga akan melihat Anda sebagai nasabah yang taat pada peraturan. Otomatis, riwayat kredit Anda di sini akan jauh lebih baik. Dengan begitu, pihak bank tidak akan ragu untuk menerima pengajuan berikutnya.

4. Pilih Kartu Kredit Sesuai dengan Tujuan

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum apply kartu kredit adalah kenali dahulu apa tujuan Anda gunakan kartu kredit. Jangan segan untuk bertanya kepada pihak bank dan tanyakan apa pun yang ingin Anda ketahui demi kenyamanan dan keamanan di kemudian hari. Ketahuilah jika setiap kartu kredit pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Bahkan, setiap bank juga memiliki karakteristik kartu kredit yang berbeda juga.

5. Cari Kartu Kredit yang Fasilitasnya Cocok

Setiap nasabah kartu kredit pasti menginkan banyak keuntungan. Begitu juga dengan Anda yang akan mengajukan kartu kredit baru, bukan? Karena itu, pandai-pandailah dalam memilih kartu kredit agar nantinya bisa mendapatkan fasilitas yang menguntungkan. Kartu kredit pada dasarnya bisa digunakan untuk membantu kehidupan Anda dengan cara meminjamkan uang. Namun, tetap dengan limit tertentu.

Beberapa bank memberikan fasilitas yang luar biasa kepada nasabah kartu kredit, misalnya promo cicilan 0% dan diskon hingga 70%. Fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan dengan mudah, seperti layanan info 24 jam mengenai kartu kredit. Di sini Anda bisa bertanya apa pun, baik seputar cara penggunaan, keluhan, dan lain sebagainya.

Persiapkan Data Diri Sebelum Apply Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit memang mendatangkan banyak keuntungan. Hal inilah yang kemudian membuat banyak sekali orang yang ingin mengajukan pembuatan kartu kredit. Ada banyak alasan yang mereka lontarkan untuk mendapatkan kartu kredit. Mulai dari mempermudah kehidupan, mempermudah mendapatkan barang, memulai bisnis, hingga yang lainnya.

Jika Anda ingin mengajukan atau apply kartu kredit, ada baiknya persiapkan dengan matang dokumen-dokumen yang akan diminta pihak bank atau penyedia jasa pengajuan kartu kredit. Ingatlah, jangan gunakan jasa pengajuan kartu kredit yang terlalu banyak memberikan janji.

Pilihlah penyedia jasa pengajuan kartu kredit yang terpercaya agar nantinya tidak berdampak buruk terhadap Anda. Namun, ada lagi cara yang praktis untuk mengajukan pembuatan kartu kredit, yaitu dengan cara online. Dengan mengajukan secara online, Anda akan mendapat kemudahan untuk memiliki kartu kredit.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini