nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Putra Sulung Jokowi Bawa Martabak Rambah Pasar Internasional

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 11 Maret 2018 21:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 11 320 1871133 putra-sulung-jokowi-bawa-martabak-rambah-pasar-internasional-N3vyMXos55.jpg Markobar (Foto: Yohana Artha Uly/Okezone)

JAKARTA - Gibran Rakabuming, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membawa bisnis martabak premiumnya, Markobar, menjajaki pasar internasional.

Pria yang memulai kerajaan bisnisnya lewat martabak ini menyebutkan, Filipina sebagai negara pertama sebagai target pengembangan Markobar.

 Baca juga: Anak Presiden Jokowi Lebarkan Sayap Bisnis, Begini Cara Gibran Besarkan Markobar

"(Rencananya) tahun ini di Filipina, kita sudah sering pameran di sana antusiasnya sangat bagus," ujar dia di Outlet Markobar, Cikini, Jakarta, Minggu (11/3/2018).

Gibran mengungkapkan, cabangnya akan buka di kota Manila. Saat ini, pihaknya sudah menyiapkan seluruh proses yang perlu dilalui, kini hanya tinggal menunggu izin usaha.

 Baca juga: Anak-Anak Presiden Jokowi "Perang Bisnis", Markobar vs Sang Pisang

"Sudah dapat lokasi, kurang izin usaha aja. (Lokasi) daerah Manila pusat, di dalam mal. Rencana (baru) Filipina dulu," sebutnya.

Menurutnya, kesamaan selera masyarakat Filipina terhadap makanan manis, menjadi targetnya memilih negara tersebut untuk ekspansi. Terlebih, kata dia, belum ada produk sejenis dengan Markobar di Filipina. Adapun bahan-bahan akan dibawa dari Indonesia

 Baca juga: Kaesang dan Gibran Lebih Suka Berbisnis Ketimbang Berpolitik

"Sukanya yang manis orang Filipina, jadi sama, belum ada produk serupa (di sana)," ujarnya.

Soal, dirinya akan membawa perusahaan martabak kelas premiumnya melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), Gibran mengaku berminat melakukannya. Namun, menurutnya itu butuh waktu yang panjang, oleh sebab itu dia memulai dengan ekspansi ke luar negeri.

"Doakan aja, step pertama kan kita go international dulu. Kalau entar ada kesempatan untuk IPO, kenapa enggak?" pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini