nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Sedih Pimpinan DPR Tidak Ada Perempuan

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 14:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 14 20 1872623 sri-mulyani-sedih-pimpinan-dpr-tidak-ada-perempuan-qayayOEb7k.jpg Foto: Sri Mulyani di DPR (Lidya/Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kekuatan perempuan dalam pembangunan dunia sangat besar. Bahkan banyak negara yang saat ini di pimpin oleh perempuan.

Sri Mulyani juga menilai jika semua perempuan diberikan kehidupan dan pendidikan yang layak seperti lelaki maka sudah pasti akan mampu dan bisa menjadi pemimpin dan membantu perekonomian dunia. Bahkan bisa menjadi tulang punggung dalam keluarga.

"Kalau bicara empowering women, bukan sekedar kita hidupnya akan lebih balance, indah, damai. Empowering terhadap ekonomi, negara-negara baik maju dan berkembang, semuanya mengetahui dengan perempuan memiliki lebih kapasitas, pendidikan, kesehatan, dan bahkan kesempatan karir di luar rumah, mereka bisa menjadi tulang punggung dari ekonomi keluarga," ungkapnya di Komplek DPR, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

 Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Sri Mulyani: Peranan Wanita Buat Dunia Seimbang dan Damai

Dengan kondisi ini, Sri Mulyani menilai kalau pemimpin DPR juga bisa oleh perempuan. Karena selama ini dia melihat bahwa pimpinan DPR belum ada perempuan dan di periode saat ini bahkan anggota parlemen perempuan masih minim.

"Jadi Saya tentu saja sedih pimpinan DPR tidak ada perempuan, iya kan? jadi kita perlu kualitas, kalau Presiden memberikan penghargaan karena memiliki perempuan untuk pimpinan kementerian. Kita juga berharap suatu saat pemerintah memberikan penghargaan kepada DPR kalau banyak perempuan di DPR," paparnya.

 Baca Juga: Nama Sri Mulyani Dicatut untuk Lakukan Penipuan, Begini Modusnya

Sri Mulyani menyatakan, bukan hanya nantinya anggota DPR yang banyak perempuan tapi juga bisa jadi pimpinan tertinggi adalah perempuan.

"Bukan hanya 30% (perempuan), tapi juga di on top pimpinan DPR, karena itu penting, dan saya yakin kalau banyak perempuan di DPR, seluruh kebijakan publik lebih memiliki lensa yang seimbang," jelasnya.

Dengan demikian, Sri Mulyani berharap di pemilihan umum 2019 nanti akan semakin banyak anggota DPR perempuan yang berkualitas dan integritas mengisi kursi DPR dan DPD. Ini juga dinilai bisa memberikan contoh bagi anak muda perempuan untuk bisa memiliki karir di deoan publik

"Ini pasti menjadi contoh anak perempuan Indonesia memiliki contoh bagi mereka yang memiliki karir di publik policy, di pemerintah, legislatif, yudikatif, ataupun di swasta dan korporasi. Untuk anak perempuan, anda semua memiliki kemampuan, manfaatkan kapasitas ini meningkatkan peran Anda di masyarakat, di keluarga, sehingga bisa menjadi contoh cerita positif di Indonesia," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini