nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Ingin Pimpinan DPR Perempuan, Fadli Zon: Mungkin di Masa Mendatang

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 16:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 14 20 1872678 sri-mulyani-ingin-pimpinan-dpr-perempuan-fadli-zon-mungkin-di-masa-mendatang-v7V0Yk4V9i.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menginginkan agar pemimpin pemimpin tertinggi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bisa dari kaum perempuan. Hal ini disampaikan saat menghadiri acara International Womens Day di Lingkungan DPR.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan, permintaan Sri Mulyani akan menjadi pertimbangan oleh pihaknya. Mungkin nantinya di masa depan atau periode selanjutnya pimpinan DPR bisa perempuan. Namun, untuk pemimpin sendiri adalah kewenangan dari setiap fraksi.

"Mungkin di masa yang akan datang, karena itu domain dari fraksi-fraksi, tentu kita juga ‎sesuai dengan UU juga mengharapkan lebih banyak perempuan untuk tampil dalam politik," ungkapnya di Komplek DPR, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

 Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Sri Mulyani: Peranan Wanita Buat Dunia Seimbang dan Damai

Seperti diketahui, kuato anggota parleman untuk wanita sebesar 30%. Tapi dari jumlah tersebut baru 17% yang menjadi anggota dewan. Dengan demikian diharapkan ini juga bisa meningkat dan kuota bisa terpenuhi.

"Tapi kenyataannya dengan politik yang ada sekarang refight, jadi baru 17% (anggota parlemen perempuan). Mudah-mudahan ke depan akan semakin banyak perempuan yang tampil di politik," jelasnya.

 Baca Juga: Sri Mulyani Sedih Pimpinan DPR Tidak Ada Perempuan

Sementara itu, fraksi Gerindra ini menyebutkan, partainya sendiri sangat mendukung peranan perempuan di dalam sektor politik

"Kita mendorong, kita mendukung. Kami hampir di kisaran rata-rata (anggota), kalau tidak salah 12 (perempuan) dari 73 anggota," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini