nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendag Enggar Ingat Tugas dari Jokowi hingga Dukungan Keluarga

Keduari Rahmatana Kholiqa, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 16:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 14 320 1872696 mendag-enggar-ingat-tugas-dari-jokowi-hingga-dukungan-keluarga-8QqJyUdQSj.jpg Foto: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Okezone)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, ada tiga hal yang diperintahkan langsung dari Presiden RI Joko Widodo, yaitu tentang ketersediaan bahan pokok, menjaga neraca perdagangan, dan memperbaiki pasar tradisional.

Enggar menjelaskan, ketersediaan bahan pokok harus dijaga dengan mengendalikan inflasi karena ketersediaan itu menjadi hal yang paling utama. Sedangkan untuk neraca perdagangan juga perlu ditingkatkan dengan meningkatkan ekspor dan melakukan diversifikasi produk dan pasar.

Baca Juga: Wawancara Khusus Mendag, Enggartiasto Ingin Ibu-Ibu Senang Harga Pangan Stabil saat Ramadan

Semua hal itu dilakukan hanya untuk kepentingan rakyat. "Jadi orientasinya untuk kepentingan rakyat dan pemerintah harus hadir untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," ujar Enggar kepada Okezone saat berkunjung ke kantornya.

Dia juga menyebutkan, kesulitannya untuk menyetarakan harga-harga pangan yang pasalnya di setiap daerah berbeda, karena jika masalah harga tentu saja memang menyebabkan perbedaan karena membutuhkan moda transportasi untuk mengantarkan bahan baku.

"Kalau harga, transportasi menjadi unsur biaya yang tinggi. Misalnya dari Aceh ke Papua pakai pesawat lebih dari 7 jam. Nah, tol laut yang dicanangkan menjadi konektivitas dari beberapa daerah dan itu membantu," jelasnya.

 Baca Juga: Mendag: Impor Bukan Pilihan yang Haram

Di sisi lain, Enggar juga mengungkapkan bahwa keluarga sangat mengerti dan memahami segala tanggungjawab yang telah didapatnya sebagai menteri.

"Saya hidup dari pagi sampai malam dalam melakukan kegiatan bisnis ataupun pekerjaan sehingga istri sudah memahami dan anak-anak saya pun begitu," ungkapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini