BPK Kumpulkan Blogger untuk Bantu Mengawal Keuangan Negara

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 15 320 1873147 bpk-kumpulkan-blogger-untuk-bantu-mengawal-keuangan-negara-kJA20PzH66.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Pengawas Keuangan (BPK) mengumpulkan para blogger untuk menggelar diskusi tentang bagaimana mengamankan dan mengawal keuangan negara. Tercatat ada 81 blogger yang hadir dalam acara tersebut.

Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara mengatakan, tujuan diadakannya acara tersebut adalah untuk membantu tugas BPK dalam mengawal keuangan negara. Karena menurutnya, BPK tidak akan mampu bekerja sendiri untuk mengawasi keuangan negara.

BPK sendiri merupakan lembaga negara yang diberikan amanah untuk memeriksa tanggung jawab negara. BPK juga memastikan apakah uang negara sudah dikelola dan dipertanggung jawabkan sesuai aturan yang diberlakukan sehingga dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya.

"BPK menyadari mengawal harta negara BPK tidak dapat berjalan sendiri. BPK membutuhkan dukungan dan keterlibatan masyarakat dari para blogger. Menurut definisinya blogger adalah orang yang secara rutin menulis berdasarkan pengalaman dalam web blog melalui media internet. Sesuai dengan perannya tulisan para blogger bisa menjadi sumber informasi dan aspirasi bagi masyarakat. Tentunya dalam hal ini keuangan negara," ujarnya dalam sambutannya di Kantor Pusat BPK, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Menurut Moerma, dengan dibantunya oleh Blogger dalam mengaudit keuangan maka diharapkan kinerja BPK akan semakin baik lagi dalam mengawal harta negara. Lebih lanjut Moerma juga menyebut rakyat akan semakin sejahtera karena keuangan dan harta negara bisa di amankan.

"Partisipasi ini sebagai bentuk kepedulian atas peran BPK dalam mengawal harta negara demi mewujudkan kesejahteraan rakyat," ucapnya.

Sementara itu, dalam acara tersebut juga turut dilakukan pengumuman juara kompetisi menulis blogger. Sebanyak lima blogger dinobatkan sebagai juara.kompetisi penulisan blog tentang BPK yang berlangsung untuk pertama kalinya ini.

Menurut Moerma, dengan diadakannya lomba menulis tersebut untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tersebut terhadap kinerja BPK. Sementara dari pihak BPK sendiri juga bisa membantu kinerja dari internal lembaga dalam mengawal keuangan negara.

"Kompetisi menulis blog merupakan upaya BPK berbagi motifasi untuk meningkatkan kepedulian terhadap bangsa dan tanah air sesuai kompetensi di masing masing bidang. Mengajak semua untuk terus bekerja dan memajukan bangsa yang kita cintai ini," jelasnya

Sementara itu di sisi lain, Sekertaris Jenderal BPK Hendar Ristriawan mengatakan, melalui kompetisi itu juga jadi ajang BPK untuk memfasilitasi para blogger dalam menyalurkan hobinya untuk menulis. Karena seringkali para penulis blogger belum ada wadah yang bisa memfasilitasi untuk menulis informasi yang menarik.

"Seiring meningkatnya awarenes, pemangku kepentingan terhadap pemeriksaan BPK, tanggung jawab negara , BPK perlu kerja mengawasi keuangan negara. Oleh karena itu pada tahun 2017 BPK membuka kesempatan dalam hal ini penulis blog untuk ikut serta berperan dalam mengawasi uang negara melalui tulisan," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini