nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Pekerjaan yang Lagi Hit Tahun Ini

Agregasi Minggu 18 Maret 2018 06:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 16 320 1873933 7-pekerjaan-yang-lagi-hit-tahun-ini-W0Ohk8fnwU.jpg Ilustrasi (shutterstock)

JAKARTA - Tahun 2018 sudah mulai bergulir. Berbagai perubahan pun terjadi pada tahun ini, termasuk dari sisi ketenagakerjaan. Agar karier tetap cemerlang, kita harus sigap pada perubahan tersebut dan terus melangkah maju melakukan penyesuaian yang terkait erat dengan pekerjaan.

Kemajuan teknologi perlu disikapi dengan bijak di ranah modern seperti sekarang. Soalnya teknologi saat ini sudah mengambil alih banyak posisi yang harusnya diisi tenaga kerja manusia. Walaupun demikian, perusahaan masih tetap membutuhkan SDM yang berkualitas untuk mengisi posisi tertentu. Berikut jenis pekerjaan yang lagi hit tahun ini.

1. Konsultan Keuangan

Konsultan keuangan bertugas untuk membantu perusahaan atau perorangan untuk menyusun anggaran keuangan yang pas demi tercapainya tujuan keuangan pada periode tertentu. Pekerjaan ini banyak dicari karena setiap perusahaan perlu tenaga ahli untuk merancang strategi keuangan terbaik.

Peminat konsultan keuangan sangat banyak sehingga tingkat persaingannya sangat ketat. Jika beruntung, Anda bisa menjadi bagian dari perusahaan dan mendapatkan penghasilan yang besar.

2. Programmer

Programmer bertugas untuk merancang sebuah sistem untuk menghubungkan internal perusahaan dengan pihak eksternal dalam hal mendapatkan informasi. Meningkatnya penggunaan teknologi pada perusahaan menyebabkan jasa programmer sangat dibutuhkan untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan usaha.

Sebelum bekerja di perusahaan, seorang programmer harus menempuh pendidikan di bangku kuliah selama 3-5 tahun. Setelah dirinya berkompeten dalam bidang merancang sistem, programmer akan langsung dipakai perusahaan.

3. Analis Data

Prediksi perusahaan terkait kebutuhan konsumen sering melenceng akibat pengaruh teknologi pada kegiatan usaha. Padahal, perusahaan butuh data yang akurat untuk mengetahui jumlah barang yang harus diproduksi. Karena itu, perusahaan membutuhkan seorang analis data untuk memprediksi data kebutuhan di lapangan.

Data-data yang didapatkan seorang analis data nantinya akan dikelola untuk mengetahui jumlah produksi, tren di masyarakat, dan menetapkan harga. Dengan begitu, perusahaan punya gambaran yang jelas dalam menjalankan usaha.

4. Digital Marketer

Kebutuhan akan jasa seorang digital marketer sangat tinggi di era yang serba digital. Digital marketer bertugas untuk membantu perusahaan untuk memasarkan produk kepada konsumen dengan bantuan teknologi. Misalnya, website, sosial media, atau platform pemasaran lainnya.

Di Indonesia, jumlah seorang digital marketer masih sangat minim. Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan membutuhkan jasa ini untuk melancarkan kegiatan usaha.

5. Web Developer

Masih berhubungan dengan teknologi, pekerjaan yang paling banyak dicari selanjutnya adalah pengembang website atau web developer. Pengembang website menjadi orang yang paling diandalkan perusahaan untuk memperkenalkan perusahaan secara global ke seluruh masyarakat.

Perusahaan yang mampu menggaet web developer terbaik kemungkinan besar dapat berkembang dengan cepat, terutama di era digital seperti sekarang. Tidak heran jika seorang web developer sangat dibutuhkan dan dibayar mahal oleh perusahaan.

6. Arsitek atau Insinyur

Tenaga seorang insinyur masih tetap dibutuhkan dari dulu hingga sekarang. Meningkatnya tingkat pembangunan sarana dan prasarana menyebabkan permintaan perusahaan atas tenaga insinyur meningkat drastis tahun 2017, begitu juga tahun 2018 ini.

Bangunan megah yang sering Anda lihat di pusat kota merupakan hasil karya dari seorang insinyur. Tanpa insinyur, bangunan tersebut pasti mudah roboh dalam beberapa hari ke depan.

7. Akuntan atau Auditor

Profesi di bidang keuangan tampaknya tidak pernah lekang oleh waktu. Selain membutuhkan konsultan keuangan, perusahaan juga membutuhkan seorang akuntan untuk mengelola biaya, menghitung pajak, dan menyusun laporan keuangan tahunan perusahaan.

Sementara auditor bertugas untuk mengaudit laporan keuangan atau menyesuaikan biaya yang tercatat di laporan keuangan dengan biaya yang terjadi di lapangan. Karena itu, auditor dapat mengambil keputusan mengenai kualitas laporan keuangan yang dilampirkan perusahaan.

Tingkat Persaingan Ketat, Buat Diri Lebih Kompeten

Teknologi akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Agar tidak ketinggalan, Anda harus mampu menguasai ilmu dan teknologi supaya mampu bersaing saat ini. Tingkat persaingan di era digital sangat ketat. Tingkatkan kompetensi diri untuk menciptakan peluang kerja yang lebih luas dan menapak karier ke jenjang yang lebih tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini