Image

5 Alasan Karier Anda Bakal Terdampar

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Sabtu 17 Maret 2018 22:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 17 320 1874260 5-alasan-karier-anda-bakal-terdampar-tOdqpCo3VT.jpg Ilustrasi Pengangguran. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tidak banyak karier yang berjalan sesuai rencana. Bahkan jika, dari usia muda, Anda cukup intuitif untuk mengetahui apa yang ingin dilakukan, dan cukup bijaksana untuk membuat rencana yang tidak gagal untuk mencapai tujuan, tetap saja akan selalu ada hambatan yang menghalangi untuk menjalani skenario karier Anda yang sempurna.

Atasan yang buruk, rekan kerja yang tidak menyenangkan, dan komplikasi kehidupan sehari-hari menghalangi strategi yang bahkan sudah dirancang dengan matang. Berikut 5 hal yang buat kegagalan karier berharga untuk pertumbuhan pribadi seperti yang dilansir dari laman Inc.

1. Kehilangan Kesempatan

Apa yang membuat Anda kehilangan kesempatan? Anda ketiduran sehingga melewati wawancara?

Jika penyebab kesalahan adalah sesuatu yang bisa diperbaiki, maka hargai diri Anda dengan belajar bagaimana mencegahnya terjadi lagi. Ingatlah bahwa Anda adalah manusia dan Anda bukanlah orang pertama atau terakhir yang akan membuat kesalahan ini.

Tapi yang harus Anda hindari adalah menganggapnya terlalu menyakitkan. Jika itu masalah serius, maka ambillah ini sebagai pelajaran untuk diingat di masa depan. Jangan menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang sudah terjadi, tidak akan pernah membantu apa pun, entah itu dengan pekerjaan atau hubungan Anda.

2. Tidak Punya Prinsip

Apakah atasan Anda tidak memiliki arah moral yang baik? Apakah dia menyuruh Anda melakukan tugas tidak etis terhadap pelanggan atau pesaing?

Menghadapi atasan Anda atas praktiknya yang tidak jujur mungkin tidak sesuai dengan Anda, tetapi jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengikuti instruksi yang Anda anggap sebagai "kesalahan", maka Anda akan menderita lebih dari yang Anda inginkan dengan keluar melawan atasan Anda.

Jika mereka tahu bahwa Anda menyadari apa yang Anda lakukan salah, mereka mungkin memutuskan untuk mengubah praktik mereka sendiri. Bahkan, jika mereka memilih untuk memberhentikan Anda karena tetap setia terhadap integritas Anda sendiri, maka hiburlah diri Anda.

Hiburlah diri Anda karena mengetahui bahwa tempat kerja itu bukan jenis yang Anda inginkan. Anda mungkin menyesalkan kehilangan penghasilan sementara, tapi Anda tidak akan pernah menyesal menjaga prinsip Anda.

3. Gagal Mencapai Target

Jika Anda telah menghabiskan cukup banyak waktu untuk menyelesaikan tugas, tapi hasilnya ternyata tidak cukup baik, maka Anda mungkin ingin meluangkan waktu untuk merajuk.

Tapi tidak ada seorang pun yang tidak mengalami hal ini. Tidak ada orang yang bisa melakukan tugas dengan sempurna di setiap saat.

Meski begitu, Anda bisa belajar dari kesalahan. Sering kali, ditolak menjadikan pelajaran bagi Anda untuk tahu mengapa Anda gagal mencapai sesuatu. Anda juga akan lebih menghargai penggunaan waktu dalam hidup, baik untuk kembali belajar dan memperbaikinya.

4. Kehilangan Pekerjaan

Ada beberapa penyebab Anda mungkin akan dipecat: karena melakukan kesalahan, melakukan hal yang benar, atau karena tidak melakukan apa-apa sama sekali.

Jika Anda telah melakukan hal yang salah, maka Anda mengetahuinya, dan dapat menganggapnya sebagai "membangun karakter" lainnya dalam kehidupan. Jika Anda telah melakukan hal yang benar, maka Anda mungkin mematuhi praktik untuk tetap setia pada prinsip diri Anda sendiri, dan tidak ada salahnya melakukannya.

Jika Anda dipecat tanpa melakukan kesalahan sama sekali, ingatlah bahwa itu mungkin bukan salah Anda, dan kemungkinan besar karena kasus politik perusahaan. Baik politisi, atlet, dan selebriti kehilangan pekerjaan mereka setiap saat. Bukan berarti itu akhir dari karier atau hidup Anda.

5. Mengubah Target Anda

Apakah Anda menyukai apa yang Anda lakukan sekarang? Apa yang Anda inginkan saat masih muda? Apakah yang Anda kerjakan masih sesuai dengan yang Anda inginkan?

Kita tahu inilah satu-satunya kehidupan yang kita miliki, jadi mengapa Anda harus menyia-nyiakannya dengan melakukan satu hal padahal ingin melakukan yang lain? Jika Anda tidak merasakan senang dengan jalur karier yang Anda pilih, mengapa harus sepanjang sisa hidup Anda mengerjakan hal itu?

Untungnya, selalu ada orang dengan saran dan dorongan untuk membantu Anda melakukan perubahan. Carilah seseorang yang memberi semangat dan itu menginspirasi Anda. Ingatlah selalu saran yang pernah Anda dengarkan sebelumnya, untuk diberikan pada seseorang dalam situasi yang pernah Anda alam pada masanya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini