nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Aturan Dasar Penjualan yang Jadi Kunci Kesuksesan

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 18 Maret 2018 07:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 17 320 1874269 7-aturan-dasar-penjualan-yang-jadi-kunci-kesuksesan-1KTWnGUBcZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Beberapa orang berpendapat ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan penjualan atau kegagalan. Akan tetapi ternyata hanya butuh satu kunci yang bisa mengantarkan anda kepada penjualan yang sukses atau justru sebaliknya.

Jika Anda memiliki satu item ini di tempat, kesuksesan hampir dijamin. Jika tidak, kegagalan hampir dijamin siap-siap akan mendatangi anda.

Satu kunci atau item yang harus anda kuasai tersebut adalah bagaimana anda mengetahui dan menguasai aturan dasar dari penjualan. Jika anda menguasainya maka sudah pasti kesuksesan siap menghampiri anda. Dilansir dari halaman completeselling, berikut aturan yang bisa menjadi kunci kesuksesan dalam penjualan :

1. Tentukan Target Penjualan Anda.

Anda harus memiliki tujuan tahunan, bulanan, dan mingguan dan memecahnya ke aktivitas sehari-hari yang diperlukan untuk mewujudkannya. Jika Anda menghasilkan Rp250.000, dan setiap penjualan berharga Rp5.000, Anda perlu melakukan 50 penjualan atau sekitar 1 per minggu.

Berdasarkan 50 penjualan, berapa banyak proposal yang Anda butuhkan untuk keluar, berapa banyak orang yang perlu Anda ajak bicara, dan berapa banyak panggilan yang harus Anda lakukan setiap hari?

2. Lampaui Target Penjualan Anda .

Begitu anda sudah menentukan target penjualan anda, maka anda harus melampaui jumlah itu. Kita cenderung meremehkan jumlah waktu, tenaga, energi, uang, dan dalam hal ini, jumlah panggilan, yang dibutuhkan untuk mencapai suatu tujuan.

Akibatnya, tingkatkan jumlah harian Anda minimal 20%. Jadi jika nomor yang Anda dapatkan dengan Aturan 1 adalah 50 panggilan sehari, tambahkan angka itu menjadi 60.

3. Konsisten

Konsistensi membuat Anda tetap tajam, membangun kebiasaan melakukan panggilan, dan membuat Anda tetap dalam kerangka berpikir yang baik. Jika tujuan Anda adalah 300 panggilan untuk minggu ini, Senin sampai Jumat, dan Anda mencoba menekan panggilan tersebut menjadi dua atau tiga hari, Anda akan merasa terbebani dan Anda akan kesulitan membangun disiplin diri yang menyertai tindakan sehari-hari yang konsisten.

Juga, jika Anda tidak menelepon setiap hari kerja, panggilan Anda akan menimbulkan karat pada mereka. Dengan kata lain, ketika Anda melakukan sesuatu selain melakukan panggilan, otak Anda perlahan mulai melupakan apa yang harus dikatakan dan bagaimana bereaksi terhadap situasi yang muncul saat panggilan berlangsung.

Jadi jika Anda hanya melakukan panggilan dua, hari dalam seminggu, ada banyak waktu agar otak Anda mulai "lupa", membuat Anda jauh kurang tajam dan efektif. Salah satu cara terbaik untuk konsisten adalah dengan memblokir waktu jam yang sama setiap hari untuk mendapatkan prospek.

5. Lakukan evaluasi

Evaluasi bisa menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kinerja anda kedepanya. Anda juga bisa meminta orang lain untuk mengevaluasi hasil kinerja anda Sebaiknya itu atasan atau manajer Anda, tapi itu benar-benar bisa menjadi dan memberikan penilaian objektif kepada hasil kinerja anda.

6. Gali Informasi

Baca, tonton, dan dengarkan informasi dan gunakan informasi tersebut untuk membuat penjualan Anda lebih efisien dan efektif.

7. Buat Jaringan

Jika menurut Anda e-mail atau media sosial sama efektifnya dengan panggilan telepon atau kunjungan langsung untuk menjangkau calon pelanggan, Anda akan dianggap delusional.

Saat Anda mencoba berbisnis dengan orang lain, Anda harus menghubungi atau mengunjungi orang pertama. Anda dapat mengirim e-mail, surat fisik, permintaan LinkedIn, atau sesuatu yang lain setelahnya, namun tidak pernah sebagai kontak awal untuk menentukan apakah mereka mungkin prospek yang berkualitas.

Pertama, Anda bahkan tidak yakin mereka mendapat pesan e-mail atau pesan media sosial, dan kedua, lemah dan mengatakan bahwa Anda tidak memiliki kepercayaan diri atau produk Anda untuk berinteraksi langsung.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini