nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Cara Kelola Keuangan Sehabis Liburan

Agregasi Senin 19 Maret 2018 22:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 18 320 1874371 7-cara-kelola-keuangan-sehabis-liburan-SGyRQMxSQC.jpg Ilustrasi (shutterstock)

JAKARTA - Libur panjang telah usai dan saatnya untuk kembali ke dunia sebenarnya. Namun, cobalah mengecek kembali kondisi keuangan Anda saat ini. Mengingat liburan tentu saja menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika Anda telah mengeluarkan uang yang melebihi dari budget liburan yang sudah dibuat sebelumnya.

Tentu saja akan membuat Anda kelabakan saat memenuhi kebutuhan lainnya setelah berlibur. Jika Anda baru saja berlibur, tips-tips mengelola keuangan di bawah ini mungkin bisa Anda coba.

1. Buat Daftar Pengeluaran Selama Liburan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan setelah berlibur adalah dengan membuat daftar pengeluaran yang selama berlibur. Setelah itu, bandingkan dengan anggaran liburan yang sudah Anda buat sebelumnya.

Jika memang menghabiskan terlalu banyak hingga melebihi anggaran, mau tidak mau Anda harus menggunakan dana dari pos lainnya ataupun menghemat pengeluaran selama satu bulan ke depan.

Namun, jika terdapat sisa selama liburan, gunakan untuk kebutuhan yang produktif. Misalnya, untuk menabung atau investasi. Dengan cara ini, Anda tetap akan memiliki kontrol mengenai kondisi keuangan.

2. Bayar Semua Utang yang Dipakai untuk Liburan

Sebenarnya, sangat tidak direkomendasikan menggunakan utang sebagai biaya liburan. Namun, jika Anda menggunakan cara ini, sebisa mungkin selesaikan terlebih dahulu utang-utang tersebut. Jika tidak segera dilunasi, nantinya akan semakin besar cicilan yang harus Anda bayar.

Karena itu, segera bayar semua utang tersebut. Jangan sampai liburan yang Anda jalani nantinya malah menimbulkan kerugian. Selain itu, untuk liburan selanjutnya, jangan lagi menggunakan utang. Akan lebih baik jika Anda menabung untuk biaya liburan tersebut.

3. Pangkas Pengeluaran yang Kurang Perlu

Jika pengeluaran selama liburan melebihi dari anggaran, mau tidak mau Anda harus memangkas pengeluaran untuk beberapa bulan ke depan. Anda bisa mulai dari memotong kebutuhan-kebutuhan yang kurang perlu.

Dengan begitu kebutuhan utama tetap dapat terpenuhi tanpa harus mengambil uang dalam rekening tabungan. Selain itu, kontrol diri Anda agar tidak mudah tergoda untuk membeli barang-barang di luar kebutuhan utama.

4. Penuhi Lagi Dana Simpanan yang Terpakai untuk Liburan

Jika selama liburan menggunakan dana simpanan, setelahnya Anda jangan lupa untuk memenuhi kembali dana simpanan tersebut. Sebenarnya, bukanlah tidak benar menggunakan dana simpanan asalkan Anda mau segera mengembalikannya.

Jangan sampai dana simpanan dalam kondisi kurang karena akan sangat bermanfaat saat terdapat kondisi yang mendesak nantinya. Saldo dana tabungan Anda haruslah enam kali lipat dari pemasukan yang didapatkan.

5. Perketat Anggaran Belanja

Selama liburan, tentu saja besarnya pengeluaran akan sulit diprediksi. Untuk itulah, Anda harus bisa menghemat untuk kebutuhan sehari-hari setelah liburan jika selama berlibur biaya yang dikeluarkan cukup banyak. Kurangi berbelanja hal-hal yang kurang penting di luar dari kebutuhan utama. Ubah pola pikir dan kebiasaan Anda untuk hidup lebih sederhana.

6. Manfaatkan Promo atau Diskon untuk Berhemat Setelah Liburan

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan promo atau diskon yang sedang berlangsung. Cara ini nantinya bisa menekan biaya pengeluaran selama sebulan. Carilah informasi sebanyak mungkin di tempat-tempat pusat perbelanjaan yang sedang menyediakan promo atau diskon.

7. Liburan Sesuai Anggaran

Sebenarnya untuk menghindari bangkrut setelah liburan bisa Anda lakukan asalkan memang menggunakan anggaran liburan yang sudah dibuat sebelumnya. Jangan menghabiskan biaya untuk berlibur melebihi dari anggaran yang sudah ditentukan sehingga membuat Anda kelabakan setelah selesai

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini