nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNI Cari Bank untuk Diakuisisi Tahun Ini

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 21:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 20 278 1875643 bni-cari-bank-untuk-diakuisisi-tahun-ini-ymMyiFvlXi.jpg RUPS BNI. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dikabarkan akan mengakuisisi bank untuk meningkatkan bisnis perseroan. Bank plat merah itu masih menyeleksi bank yang bakal dipinang.

Direktur Utama BNI Ahmad Baiquni mengatakan, akuisisi ditargetkan dapat terealisasi tahun ini. Sebab, proses akuisisi membutuhkan proses yang cukup panjang juga harus mengantongi izin dari persetujuan pemegang saham melalui RUPS.

"Kalau target kita sih sebenarnya tahun ini tapi kita belum tahu yang mau yang mau kita akuisisi," ujarnya di Hotel Shangrila, Selasa (20/3/2018).

Baiquni mengatakan, BNI tidak spesifik kepada Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) I atau II sebagai calon yang bakal diakuisisi. Terpenting, bank tersebut bisa melengkapi fokus bisnis perseroan.

"Kita masih terus saja mencari informasinya, jadi belum mengerucut kepada satu, belum, masih terbuka masih kita lihat," kata dia.

Sekadar informasi, BNI baru saja membagikan dividen tunai kepada pemegang saham sebesar 35% dari laba tahun 2017 sebesar Rp13,62 triliun atau setara dengan Rp4,77 triliun.

Khusus dividen bagian Pemerintah atas kepemilikan 60% saham akan disetorkan ke rekening Kas Umum Negara dalam bentuk Rupiah di Bank Indonesia. Sementara sebesar 65% dari laba bersih atau Rp8,85 triliun akan digunakan sebagai saldo laba ditahan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini