nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Retno Resmikan Gerbang Ekonomi Digital Indonesia

Aini Lestari, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 19:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 20 320 1875595 menteri-retno-resmikan-gerbang-ekonomi-digital-indonesia-ZzcCJ4Ez0M.jpg Menlu Retno Marsudi usai meresmikan gerbang ekonomi digital di Batam (Foto: Aini/Okezone)

BATAM - Nongsa Digital Park (NDP) merupakan salah satu gerbang ekonomi digital untuk Indonesia yang terletak di samping Terminal Ferry Nongsapura, Batam, Kepulauan Riau. NDP ini diresmikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan, Selasa (20/3/2018).

NDP yang berjarak 35 menit dari Terminal Ferry Tanah Merah, Singapura ini menyediakan infrastruktur untuk kegiatan bisnis digital dengan rencana membangun data center yang terletak di Kawasan Nongsa Resort termasuk Turi Beach Resort, Nongsa Point Marina, Taman Nongsa lndah Village, Terminal Ferry Nongsapura, Studio Film dan Animasi Infinite Studio dan Tamarin Golf Course di bawah Citramas Group dengan luas lahan 166 hektar. NDP juga menyediakan lingkungan yang kondusif dan nyaman untuk para technopreneur dalam berkerja.

Baca Juga: Hadapi Ekonomi Digital, Kemenaker Ajukan Dana Rp9,2 Triliun

Untuk tahap pertama, NDP terdiri dari sembilan gedung perkantoran, di mana dimulai dengan tiga gedung pertama yang diresmikan pada tanggal 20 Maret 2018 lalu. NDP tahap pertama ini akan mempekerjakan kurang lebih 1.500 pekerja. "Jumlah ini tentunya akan bertambah seiring penyelesaian proyek yang ditargetkan menarik total investasi potensial di atas USD500 juta," kata Mike Wiluan, Direktur NDP dalam sambutannya pada acara peresmian NDP.

Mike juga mengatakan bahwa dia dan NDP sangat bangga ditunjuk sebagai salah satu gerbang ekonomi digital utama di lndonesia dan dapat berpartisipasi dalam kerja sama antara Indonesia dan Singapura di bidang digital yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa. Hal ini sesuai dengan pernyataan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan Pemimpin RlSlNGSO, bulan September 2017 lalu di Singapura. Saat itu, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa NDP akan menjadi "Jembatan Digital", yang menghubungkan Singapura melalui Batam dalam hal kegiatan ekonomi digital ke kota-kota lainnya di Indonesia dan merupakan lokasi yang ideal untuk menjadi platform industri digital dan pengembangan inkubator start up.

Baca Juga: Keluar dari Rapat, Rudiantara Teleconference dengan Bos Alibaba

"NDP saat ini menjadi tuan rumah untuk program pendidikan tahap pertama yang dihadiri oleh enam puluh lima dosen dari beberapa universitas dan politeknik di seluruh Indonesia. Program pendidikan tersebut adalah pembelajaran mengenai pengetahuan dan keterampilan ekonomi digital baru, yang akan memungkinkan mereka untuk lebih meningkatkan kegiatan pendidikan dan pelatihan IT mereka. Program ini merupakan wujud dukungan dari Temasek Foundation International, Politeknik Negeri Singapura (SP) dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia (MORTHE) dan Politeknik Batam," ujar Mike lagi.

Mike melanjutkan, NDP merupakan platform yang strategis untuk mengembangkan bisnis digital di lndonesia dan global. "Dengan memanfaatkan aset yang ada saat ini dan dikelola oleh Citramas Group, fasilitas ini akan menjadi tolak ukur baru sebagai ekosistem yang ideal, modern dan ramah untuk bekerja, tinggal sambil dapat menikmati hidup," kata Mike.

Tak hanya itu, NDP juga merupakan pengembangan kawasan digital pertama di Batam yang sangat mendukung keinginan Presiden Jokowi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kegiatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Didukung oleh Infinite Studio 6 anak perusahaan dari Citramas yang telah beroperasi selama satu dekade dalam produksi film dan animasi, proyek NDP bertujuan untuk menarik talenta lT lndonesia dari seluruh penjuru negeri. "Sebagai penggerak pertama di dunia ekonomi digital, Infinite Studios telah membuktikan perannya dengan memfasilitasi program pelatihan pendidikan selama bertahun-tahun di Nongsa dan menyediakan lapangan kerja bagi ratusan animator dari berbagai wilayah di lndonesia," kata Mike.

Infinite Studios dengan tenaga kerja lokal yang dimilikinya telah mendapatkan pengakuan di lndustri Global dengan menerima penghargaan untuk produksi animasi termasuk beberapa penghargaan Emmy Awards dan pemutaran perdana film animasi di ajang Film Festival Cannes di Perancis. Selain untuk mendorong batas-batas pemberdayaan lndustri di tingkat nasional dan global, upaya tersebut juga telah memberikan kontribusi terhadap target Ekspor Ekonomi Digital lndonesia, sebagaimana diakui melalui berbagai Penghargaan Ekspor yang diterima dari Kementerian Perdagangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini