Bursa Saham Asia Bervariasi Pasca-Suku Bunga The Fed Naik

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 22 278 1876284 bursa-saham-asia-bervariasi-pasca-suku-bunga-the-fed-naik-zbQb5LfFXu.jpg Ilustrasi: Pergerakan Bursa Saham Asia (Foto: Reuters)

JAKARTA - Bursa saham Asia bergerak bervariasi (mixed) pada perdagangan Kamis waktu setempat setelah The Federal Reserve (The Fed/Bank Sentral Amerika Serikat) menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya tahun ini.

Melansir CNBC, Kamis (22/3/2018), indeks saham acuan Jepang, Nikkei naik tipis 0,15%, sedangkan Topix turun sebesar 0,03%, dengan sektor pertambangan dan minyak naik dalam perdagangan pagi.

Sementara itu, indeks saham acuan Korea Selatan, Kospi naik 0,67% dengan kenaikan terlihat di sektor utama, seperti saham teknologi, sektor perumahan, manufaktur dan minyak.

 Baca Juga: The Fed Naikkan Suku Bunga

Di sisi lain, indeks saham acuan Australia, ASX 200 tergelincir 0,54% karena penurunan terlihat di semua sektor kecuali energi, bahan dan produsen emas.

Saham sektor pertambangan diperdagangkan dengan kuat di wilayah positif, sementara produsen minyak naik karena kenaikan lebih dari 2% dalam harga minyak semalam. Woodside Petroleum naik 1,63% dan Beach Energy melonjak 3,17%.

 Baca Juga: Wall Street Tertekan Setelah The Fed Naikkan Suku Bunga

Seperti yang diketahui, The Fed menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin ke kisaran 1,5% menjadi 1,75% pada akhir pertemuan kebijakan pada hari Rabu, seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Bank sentral mengindikasikan bahwa pihaknya masih mengharapkan tiga kenaikan tahun ini. Dengan meningkatkan proyeksinya untuk suku bunga acuan pada 2019 menjadi 2,9% . Ramalan pertumbuhan ekonomi untuk tahun ini dan tahun berikutnya juga meningkat.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini