nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biar Terjamin dan Aman, Lebih Baik Transaksi COD untuk 7 Barang Ini

Agregasi Minggu 25 Maret 2018 23:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 25 320 1877733 biar-terjamin-dan-aman-lebih-baik-transaksi-cod-untuk-7-barang-ini-VyMAS8IklR.jpg COD sebaiknya dilakukan bila membeli tujuh barang ini secara online (foto: Ilustrasi/Shutterstock)

JAKARTA - Kebutuhan manusia semakin mudah dipenuhi berkat adanya metode belanja online. Belanja online semakin diminati karena lebih mudah, cepat, praktis, dan murah. Pembeli juga tidak perlu mendatangi outlet tertentu untuk mendapatkan barang yang ia mau. Cukup dengan bantuan internet, Anda bisa berbelanja sepuasnya di website yang disukai.

Meskipun demikian, belanja online masih menimbulkan kekhawatiran bagi calon pembeli karena tidak semua situs online dapat dipercaya. Tindak manipulasi sering terjadi, terutama saat transfer. Alih-alih ingin untung jadi rugi akibat tindakan situs yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengantisipasi, pilihlah metode pembayaran secara COD untuk barang-barang berikut.

1. Gadget

Gadget seperti smartphone, iPad, dan laptop kini banyak ditawarkan secara online. Mengingat harga gadget yang tidak murah, ada baiknya pilihlah metode pembayaran secara COD. Dengan metode pembayaran ini, Anda dapat melihat wujud fisik dari barang tersebut sebelum membayarnya.

Jika terdapat kerusakan atau ketidakcocokan dengan barang yang dipesan, Anda dapat langsung mengembalikan barang tersebut tanpa harus membayarnya.

2. Kendaraan

Baik kendaraan bekas maupun baru, keduanya bisa didapatkan dengan metode pembayaran secara COD. Metode pembayaran ini dapat Anda temukan dengan mudah hampir di semua situs penjual online. Akan tetapi, spesifikasi dari kendaraan yang sampai kadang kala tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.

Mengingat kendaraan sangat rentan terhadap kerusakan, ada baiknya datangi outlet atau penjual secara langsung. Selain untuk melihat kondisi kendaraan, Anda juga bisa melakukan test drive untuk menguji performa kendaraan.

3. Perlengkapan Rumah Tangga

Perlengkapan rumah tangga, seperti mesin cuci, kulkas, dan alat-alat memasak kini banyak ditawarkan toko online di seluruh Indonesia. Perlengkapan ini hadir dengan berbagai model dan harga yang berbeda. Mengingat jumlah penjual yang banyak dan harganya yang “lumayan” mahal, selesaikan transaksi secara COD.

Apabila salah satu dari perlengkapan rumah tangga mengalami kerusakan saat proses pengiriman, itu bukan tanggung jawab Anda. Segera kembalikan barang tersebut ke kurir pengiriman agar segera dikembalikan kepada produsen.

4. Perhiasan

Namanya perhiasan pasti harganya mahal. Untuk mengantisipasi kasus penipuan, lakukan pembayaran secara COD. Kadang kala perhiasan yang ditampilkan di gambar tidak sesuai dengan aslinya.

Jika ini terjadi, Anda bisa langsung meminta jasa pengiriman untuk mengembalikan barang tersebut ke produsen. Pada kasus ini, Anda juga tidak perlu membayar ya karena Anda belum menerima barang tersebut secara sah.

5. Barang Antik

Barang antik termasuk barang berharga karena sulit untuk didapat. Tekstur barangnya juga tidak lagi kuat karena sudah lekang dimakan waktu. Kadang kala barang antik yang sampai di depan rumah Anda rusak akibat packing yang tidak tepat. Ada juga barang antik yang palsu atau tidak sesuai dengan spesifikasi. Kalau sudah begini, lebih baik pilih metode pembayaran secara COD ya.

6. Sepatu

Sepatu jenis apa pun kini bisa Anda dapatkan secara online. Hanya saja ukuran sepatu antara merek yang satu dan merek yang lain kemungkinan berbeda. Perbedaan ukurannya memang tidak terlalu signifikan. Meskipun begitu, tetap saja berpengaruh pada kenyamanan saat mengenakan sepatu tersebut.

Itulah sebabnya mengapa Anda perlu memilih pembayaran secara COD saat membeli sepatu. Selain untuk mengecek ukuran, Anda juga bisa mengecek kondisi sepatu tersebut apakah masa bagus atau sudah rusak. Sebab barang yang ditampilkan di gambar sering kali berbeda dengan barang yang sampai di rumah.

7. Pakaian

Salah satu barang online yang paling banyak diburu masyarakat. Harga pakaian online juga cenderung lebih murah dibandingkan pakaian yang dipajang di outlet tertentu. Model juga lebih bervariasi sehingga banyak masyarakat yang beralih ke online.

Namun, pecinta pakaian sering dikecewakan akibat barang yang sampai tidak sesuai dengan barang yang dituliskan pada deskripsi. Mulai dari warna, model, hingga ukurannya sering kali tidak sesuai.

COD Ternyata Lebih Menguntungkan

Jika dibandingkan dengan metode pembayaran lain, COD ternyata lebih menguntungkan. Selain kemudahan dalam penukaran barang, Anda juga tidak akan dikenakan biaya transfer. Penasaran pada mekanisme pembayaran COD? Silakan dicoba!

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini