nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dorong Satu Juta Rumah, BTN Garap Ekosistem Digital Pembiayaan Perumahan

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 26 Maret 2018 13:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 26 320 1877947 dorong-satu-juta-rumah-btn-garap-ekosistem-digital-pembiayaan-perumahan-zPfLodaW6L.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyatakan keseriusannya dalam menggarap ekosistem digital untuk menunjang kinerja perseroan.

Hal tersebut dibuktikan dengan menggelar ajang BTN Mortgtech (Mortgage Technology) Hackathon 2018.

Direktur BTN Budi Satria mengatakan, untuk mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah, perseroan tidak hanya berupaya memacu penyaluran kredit. BTN juga terus berupaya menciptakan ekosistem digital pembiayaan perumahan yang berkelanjutan.

“Dengan ekosistem digital untuk pembiayaan perumahan, kami ingin mempermudah masyarakat memiliki rumah yang terjangkau. Ide aplikasi ini akan kami kembangkan lagi untuk bisa mewujudkan ekosistem di gital pembiayaan perumahan tersebut guna mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah,” kata Budi di Jakarta, kemarin.

Budi mengungkapkan, ide-ide aplikasi yang ada akan terus dieksplorasi dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam layanan kredit pemilikan rumah (KPR) yang cepat dan mudah. Eksplorasi dan pengembangan tersebut pun dilakukan BTN untuk menangkap berbagai peluang di tengah lahirnya berbagai start up fintech yang membuat layanan keuangan kian mudah.

“Kami akan berkolaborasi dengan startup untuk menunjang bisnis perbankan khususnya pembiayaan perumahan,” katanya.

Menurut Budi, perseroan berupaya memacu lini bisnis digital banking seiring dengan tumbuhnya pasar generasi muda. Upaya tersebut membuat kinerja fee based income (FBI) BTN dari layanan digital banking tumbuh 54% per Februari 2018 (yoy).

“BTN akan terus memacu pertumbuhan lini bisnis tersebut melalui pengembangan fitur-fitur baru yang akan membuat Bank BTN kian dekat dengan generasi muda,” katanya.

Sementara itu, Kepala Divisi IT Strategic Planning and Development BTN Purwa Riadi mengatakan, pada ajang BTN Mortgtech Hackathon yang dibuka sejak pertengahan Februari 2018 tersebut telah terpilih enam tim terbaik dari 43 peserta yang memasuki babak terakhir. Dari enam tim tersebut telah terpilih tiga juara, yakni Tim Celengan Properti yang mengembangkan aplikasi berjudul Celengan Properti berhasil meraih juara pertama, sementara juara kedua diraih Tim Wakanda dengan aplikasi berjudul Hommy dan juara ketiga diraih Tim Radya Play Ground dengan aplikasi Tania CRM.

“Ketiga tim tersebut dianggap Dewan Juri dapat membangun aplikasi yang memudahkan masyarakat dan perbankan serta pengembang dalam mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah,” ujarnya.

Menurut Purwa Riadi, dalam ajang tersebut, BTN sukses menghimpun 225 ide aplikasi di bidang lifestyle banking, smart community, dan mortgage technology.

“Untuk para pemenang, BTN memberikan hadiah total senilai Rp100 juta. Pemenang pertama pun akan memperoleh hadiah berupa kesempatan berkunjung langsung ke Silicon Valley dan mendapatkan Acce lerator Program dari Plug and Play Indonesia,” ujarnya.

(rakhmat baihaqi)

(yau)

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini