Pasar Saham Asia Naik Tipis, Tak Acuhkan Penurunan Wall Street

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 29 Maret 2018 08:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 29 278 1879469 pasar-saham-asia-naik-tipis-tak-acuhkan-penurunan-wall-street-dgmJn2JtxA.jpg Ilustrasi Indeks Asia. (Foto: Reuters)

TOKYO - Pasar saham Asia naik tipis dan safe haven yen Jepang yang melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di tengah kemajuan pembicaraan pada isu-isu Korea Utara. Meskipun, keuntungan ekuitas terbatas setelah kemerosotan yang dipimpin teknologi di Wall Street.

Indeks MSCI terluas dari saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,05%, saham Australia merosot 0,1%, indeks Nikkei Jepang naik 1% dan indeks KOSPI Korea Selatan naik 0,1%.

Wall Street ditutup lebih rendah, setelah sesi volatil, karena kenaikan pada sektor konsumen dan kesehatan, diimbangi oleh penurunan tajam saham Amazon dan penurunan berkelanjutan dalam saham teknologi.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berkomitmen untuk denuklirisasi, dan berjanji untuk bertemu dengan pejabat AS, setelah bertemu dengan pejabat China. Yen, yang sering dicari pada saat gejolak pasar dan ketegangan politik, menelusuri kembali penguatannya terhadap dolar.

Dengan kekhawatiran perang perdagangan dunia surut, dolar juga menguat terhadap mata uang lainnya. Indeks dolar versus sekeranjang enam mata uang utama berada di 90,068 setelah mencapai tertinggi satu minggu di 90.147.

Pasar global terguncang bulan ini, ketika Presiden AS Donald Trump memberlakukan tarif pada barang-barang China dan Beijing, dan mengancam langkah-langkah serupa. Tetapi ketakutan akan perang dagang besar-besaran telah mereda dengan harapan bahwa negosiasi dapat membawa kompromi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini