nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Luhut Tegaskan Akan Lanjutkan Pembangunan Bandara Bali

ant, Jurnalis · Jum'at 30 Maret 2018 10:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 30 320 1880020 menko-luhut-tegaskan-akan-lanjutkan-pembangunan-bandara-bali-NdDNs4H8Be.jpg Foto: Antara

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan rencana pembangunan Bandara Bali Utara akan tetap dilanjutkan.

"Pembangunan Bandara Utara Bali akan dilakukan, jalan yang menghubungkan Bali utara dan selatan juga akan dibangun. Jika pembangunan jalan sudah dilakukan maka Bandara Utara Bali bisa melakukan peletakan batu pertama. Tinggal masalah penyesuaian kalender saja karena investasinya cukup besar," katanya, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (30/3/2018).

Luhut menjelaskan rencana pembangunan bandara di Kabupaten Buleleng, Bali utara, serta jalan tol yang menghubungkan Bali selatan dengan Bali utara diharapkan dapat menyeimbangkan perkembangan kedua wilayah tersebut.

Baca Juga: Sambut Pertemuan IMF-World Bank, Bandara Bali Berencana Lakukan Reklamasi 5,8 Ha

Keseimbangan perkembangan kedua wilayah itu jiga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Bali utara hingga di wilayah barat dan timur.

"Kita minta studinya (jalan tol) segera diselesaikan. Infrastruktur jalan di kiri kanan Bali, seperti yang di Karangasem, Tanah Lot, akan berjalan, dengan tetap menjaga keseimbangan dengan lingkungan," ujarnya

Adapun perluasan Bandara Ngurah Rai, menurut Luhut, dinilai cukup mendesak untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang dan pesawat yang akan membawa para peserta pertemuan internasional ke Pulau Dewata.

"Tadi diputuskan pembangunan lapangan terbang (Ngurah Rai) tetap dilakukan pengembangannya. Rekomendasi dari bapak Gubernur Kamis (29/3/2018) keluar," katanya.

Luhut menambahkan perluasan tersebut rencananya akan dimulai awal bulan depan. Dia pun telah melakukan peninjauan sejumlah lokasi pada Kamis (29/3/2018) yang disiapkan untuk acara Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia yang akan digelar di Bali, Oktober mendatang.

Mantan Menko Polhukam itu, didampingi Gubernur I Made Mangku Pastika, Pangdam Udayana Brigjen Kasuri, dan Kapolda Petrus Reinhard Golose.

Baca Juga: Investasi Bandara Bali Utara Capai Rp30 Triliun

Luhut  juga meninjau penyelesaian pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang rencananya akan menjadi lokasi akbar makan malam Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia.

Luhut menuturkan progres pembangunan telah mencapai 60% dan pemasangan mahkota akan dilakukan pada 20 Mei mendatang dengan acara keagamaan.

"Kami berharap Presiden Joko Widodo sudah bisa meresmikan Garuda Wisnu Kencana pada tanggal 28 Agustus nanti," ujarnya.

Luhut juga meninjau kawasan Indonesia Tourism Development Corporate (ITDC) Nusa Dua yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan pertemuan.

Dia kemudian meninjau terminal kapal pesiar di Pelabuhan Benoa dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung yang diharapkan bisa ditata menjadi ecopark.


(ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini