nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Bahan Campuran Aspal, Cara Jitu Atasi Masalah Sampah Plastik

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 09 April 2018 01:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 08 320 1883825 jadi-bahan-campuran-aspal-cara-jitu-atasi-masalah-sampah-plastik-Qxe45buV0P.jpg Foto: Uji Coba Aspal Plastik (Okezone)

JAKARTA - Rencana pemerintah memberlakukan cukai plastik dalam waktu dekat dinilai sejumlah kalangan tidak akan menyelesaikan permasalahan sampah plastik. Alih-alih bisa mengurangi sampah plastik, cukai dinilai dapat meningkatkan biaya yang ditanggung pelaku usaha setelah sebelumnya pemerintah menaikkan tarif listrik dan gas untuk industri.

Hal itu tentunya akan memperlemah daya saing produk nasional ditengah perlambatan ekonomi dan perang dagang global. Salah satu solusi jitu mengatasi sampah plastik, seperti yang dipaparkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), pada seminar nasional bertajuk "Inovasi Teknologi Polimer dan Energi" pekan lalu.

Balitbang Kementerian tersebut berhasil mengolah sampah plastik menjadi bahan campuran aspal, yang dapat membuat aspal jadi lebih awet.

Baca Selengkapnya: Atasi Masalah Sampah Plastik, Jadikan Bahan Campuran Aspal

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini