Pasar Saham Asia Melemah Terseret Penurunan Wall Street

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 10 April 2018 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 10 278 1884437 pasar-saham-asia-melemah-terseret-penurunan-wall-street-cE3A68iN86.jpg Ilustrasi Indeks Asia. (Foto: Reuters)

SINGAPURA - Pasar saham Asia melemah pagi ini karena Wall Street mundur dari posisi tertingginya, setelah FBI menyerbu kantor pengacara lama Presiden AS Donald Trump.

Indeks MSCI, terluas dari saham Asia Pasifik di luar Jepang, melemah 0,2%. Indeks KOSPI Korea Selatan .KS11 turun 0,8%, sementara indeks Nikkei Jepang .N225 turun 0,4%.

Penurunan tajam di Wall Street pada akhir perdagangan tampaknya meredam sentimen pasar. Berita bahwa Biro Investigasi Federal telah menggerebek kantor dan rumah pengacara pribadi Trump Michael Cohen.

Saat ini, investor menunggu pidato Presiden China Xi Jinping di Boao, yang dapat memberikan gambaran reaksi pertama Xi terkait dengan perang tarif dengan Amerika Serikat.

Pasar keuangan telah terguncang selama seminggu terakhir ini di tengah ancaman perang tarif antara dua ekonomi terbesar dunia.

Pasalnya, China telah meningkatkan serangannya ke Washington dengan menerapkan tarif miliaran dolar. Meski demikian, Trump menyuarakan optimisme bahwa kedua pihak akan menuntaskan kesepakatan perdagangan.

Ekuitas global berhasil rally semalam dengan harapan kedua belah pihak akan mendinginkan ketegangan dan menghindari deretan perdagangan skala penuh, dengan harga minyak naik lebih dari 2% semalam untuk kenaikan%tase harian terbesar mereka sejak 21 Maret.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini