Pasar Saham Asia Menguat, Sambut Komentar Presiden China

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 11 April 2018 08:53 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 11 278 1884964 pasar-saham-asia-menguat-sambut-komentar-presiden-china-IAdbElldZU.jpg Ilustrasi Indeks Asia. (Foto: Shutterstock)

TOKYO - Pasar saham Asia menguat karena para investor menanggapi suasana positif di pasar, setelah Presiden China Xi Jinping membantu meredakan kekhawatiran atas perang dagang AS-China. Sementara euro, melayang di dekat dua minggu tertinggi.

Wall Street berhasil rally, didorong oleh pidato Xi yang terlihat sikap yang lebih damai, setelah satu minggu menerapkan ancaman perang tarif antara Beijing dan Washington.

Indeks MSCI, terluas dari saham Asia Pasifik di luar Jepang, naik 0,1%. Pasar saham Australia menguat 0,1%, dan indeks Nikkei Jepang .N225 naik tipis 0,15%.

Indeks Dow naik 1,8%, indeks S&P 500 naik 1,7% dan indeks Nasdaq .IXIC menguat 2,1%, setelah Jinping berjanji untuk membuka ekonomi dan memotong tarif impor pada beberapa produk, termasuk mobil.

Di sisi lain, mata uang tunggal euro menguat ke USD1,2362 pada sesi keempatnya. Euro bergerak tidak jauh dari level tertinggi dua mingguan di USD1,2378 setelah pembuat kebijakan Bank Sentral Eropa Ewald Nowotny, mengatakan bahwa program pembelian obligasi 2,55 triliun euro akan berakhir pada akhir tahun ini.

Euro telah meningkat sekitar 3% tahun ini, karena ekspektasi bahwa ECB akhirnya akan menormalkan kebijakan moneter dan menaikkan suku bunga. Indeks dolar terhadap sekeranjang enam mata uang utama sedikit berubah pada 89,562. DXY setelah turun 0,3% hari sebelumnya.

Minyak mentah naik lebih jauh setelah rally semalam karena berkurangnya kekhawatiran konflik perdagangan AS dan ketegangan di Timur Tengah. Minyak mentah berjangka AS CLc1 naik 0,25% menjadi USD65,67 per barel setelah melonjak lebih dari 3%.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini