nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia-Somalia Tingkatkan Kerjasama Perdagangan

ant, Jurnalis · Rabu 11 April 2018 11:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 11 320 1885021 indonesia-somalia-tingkatkan-kerjasama-perdagangan-xT7ZXVvJlt.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Somalia Mukhtar Mahat Da'ud, dan pemerintah kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan bilateral.


Pertemuan antara Menlu RI dengan Wamenlu Somalia dilakukan di sela-sela rangkaian pelaksanaan Forum Indonesia-Afrika (Indonesia-Africa Forum/IAF) hari kedua di Nusa Dua, Bali, Rabu (11/4/2018).

"Saya menerima dan melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Somalia. Kami berbicara mengenai masalah perdagangan. Kalau kita lihat tren perdagangan setiap tahun meningkat rata-rata hampir 30%. Memang kalau kita bicara jumlah, maka jumlahnya masih dapat terus ditingkatkan," kata Menlu Retno.

Menlu RI menyebutkan bahwa nilai perdagangan bilateral Indonesia-Somalia pada 2017 meningkat sebesar 80% dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga : Kemendag Gencarkan Misi Dagang, Kini Sasar Taiwan


"Oleh karena itu, kami tadi sepakat untuk terus mendorong agar sektor swasta dari masing-masing negara dapat didorong untuk berkomunikasi," ujar dia.


Selain membahas tentang peningkatan kerja sama perdagangan, Menlu RI dan Wamenlu Somalia juga membahas upaya untuk menjalin kerja sama dalam pembangunan infrastruktur.

"Infrastruktur adalah salah satu yang menjadi prioritas untuk dilakukan, termasuk pembangunan jalan dan pelabuhan. Saat ini kita sedang ada satu proses untuk pembangunan pelabuhan, tetapi keahlian kita lebih difokuskan kepada mendesain pelabuhan itu sendiri," ucap Menlu Retno.

Baca Juga : Potensi Transaksi Misi Dagang Indonesia-Selandia Baru USD5,4 Juta

"Jadi ini merupakan upaya gabungan dari beberapa negara untuk melakukan kerja sama dengan Somalia di dalam pembangunan pelabuhan," lanjutnya.

Selanjutnya, Wamenlu Da'ud menyampaikan keinginan agar para pengusaha Indonesia mulai dapat bekerja sama dengan Somalia, terutama untuk investasi di bidang perikanan dan pertanian.

Indonesia bertekad untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara Afrika, khususnya hubungan di bidang ekonomi. Untuk itu, pemerintah Indonesia menyelenggarakan perhelatan Forum Indonesia-Afrika di Bali pada 10-11 April guna menjajaki berbagai potensi kerja sama ekonomi yang dapat dikembangkan antara Indonesia dengan negara-negara Afrika.

 (feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini