nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sidak Stasiun Balapan, KAI Siapkan 23 Ribu Seat Tambahan untuk Mudik Lebaran 2018

Bramantyo, Jurnalis · Rabu 11 April 2018 16:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 11 320 1885224 sidak-stasiun-balapan-kai-siapkan-23-ribu-seat-tambahan-untuk-mudik-lebaran-2018-8Cd8RJmfm1.jpg Foto: Antara

SOLO - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Edi Sukmoro melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Stasiun Balapan Solo. Sidak orang nomer satu di jajaran PT KAI ke stasiun di bawah Daop VI Yogyakarta, untuk melihat persiapan serta fasilitas stasiun kebanggaan warga Solo ini. Terutama untuk menghadapi lonjakan arus mudik Lebaran.


Pantauan Okezone, begitu tiba di stasiun Balapan Solo, Edi langsung masuk ke ruangan penjualan tiket online. Di ruangan itu, Edi melihat dari dekat penjualan tiket online. Saat di ruangan, Edi menanyakan berbagai macam pada petugas, mulai dari sistem jaringan hingga tingkat penjualan.

Usai melihat dari dekat, Edi pun melanjutkannya ke ruangan lainnya. Termasuk berbincang-bincang dengan para penumpang Kereta.

Usai mengecek berbagai persiapan hingga fasilitas di Stasiun Balapan, Edi mengatakan bila PT KAI memastikan tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2018 aman dan bisa dipesan jauh hari sebelumnya.

Baca Juga : Dirut KAI Berharap Lebaran Kali Ini Zero Accident


Menurut Edi, dari pengalaman yang sudah-sudah, perjalanan favorit pemudik kebanyakan di keberangkatan H-1 dan H-2. Namun masyarakat jangan khawatir untuk keberangkatan H-5 tiket masih tersedia.

"Masyarakat jangan khawatir (kehabisan tiket). Memang favorit pemudik di H-1 dan H-2 habis terjual. Namun untuk tanggal ke berangkatan di hari sebelumnya masih tersedia banyak," jelas Edi saat sidak di Stasiun Balapan  Solo, Rabu (11/4/2018).

PT KAI sendiri, ungkap Edi, telah mempersiapkan 393 perjalanan kereta api atau bertambah 40 perjalanan. Ada penambahan perjalanan sekitar 4%.  Selain itu, PT KAI juga mempersiapkan 10 KA baru yang juga disiapkan untuk mengangkut pemudik ke kampung halamannya. Enam kereta sudah tiba dan sisanya empat masih menunggu konforimasi.

Baca Juga : Menhub Bakal Kumpulkan Menteri Bahas Persiapan Mudik Lebaran

Nantinya selama perjalanan mudik Lebaran PT KAI akan menambah 23 ribu seat, untuk jalur utara maupun selatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai bentuk pelayanan maksimal PT KAI.

"Bahkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, nanti kita jual tiket tambahan. Untuk waktunya sedang dikoordinasikan lebih dahulu," lanjut Edi.

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini