nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Holding BUMN Migas, Kelanjutan Akuisisi Pertagas oleh PGN di Tangan Tim Transisi

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 11 April 2018 17:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 11 320 1885271 holding-bumn-migas-kelanjutan-akuisisi-pertagas-oleh-pgn-di-tangan-tim-transisi-1BkiFiBiNf.jpg Foto: PGN Akuisisi Pertagas (Yohana/Okezone)

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) akan mengakuisisi PT Pertamina Gas (Pertagas), anak usaha PT Pertamina (Persero). Hal ini untuk menyempurnakan skema holding migas yang secara resmi terbentuk pada hari ini.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Fajar Harry Sampurno menyatakan, skema akuisisi dilakukan karena lebih cepat dibandingkan skema merger. Sebab, administrasi untuk pembentukan holding migas sendiri sudah melampaui target yag ditetapka pemerintah.

"Persetujuan valuasi Pertagas masuk dalam PGN 100%. Akuisisi itu paling cepat, kalau merger makan waktu lebih lama," ujar dia saat konferensi pers di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

 Baca Juga:

Ada Holding, Bagaimana dengan Produksi Minyak?

Holding BUMN Migas Sah Berdiri, Menteri Rini Sudah Tandatangan

Dia mengatakan saat ini dipastikan akan dilakukan akuisisi, kendati demikian skema detil tentang akuisisi ini masih dalam pembahasan lebih lanjut oleh tim transaksi antara Pertamina dan PGN.

 

Sementara itu, Direktur Utama PGN Jobi Triananda menambahkan, tim transaksi tersebut sudah terbentuk. Tim akan mengkaji dari sisi teknis, waktu, dan legalitas hingga akhirnya mengerucut pada transaksi akuisisi.

"Diharapkan segera konsultan sudah bisa mengusulkan nilai transaksi Pertagas. Kemudian kalau nilainya terlalu besar maka akan dicari model yang pas supaya tidak membebani holding," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini