nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saran Bank Dunia: BI Jangan Dulu Naikkan Suku Bunga

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 17:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 12 20 1885828 saran-bank-dunia-bi-jangan-dulu-naikkan-suku-bunga-DC50YC16Jg.jpg Foto: Bank Indonesia Jangan Naikkan Suku Bunga (Shutterstock)

JAKARTA - Bank Dunia (World Bank) mengakui bahwa saat ini era suku bunga yang longgar di negara-negara berkembang Asia Timur dan Pasifik sudah usai. Namun demikian, Bank Dunia menilai bahwa Indonesia saat ini masih belum perlu untuk menaikkan tingkat suku bunga acuannya (BI 7 Days Repo Rate).

Kepala Ekonom World Bank untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik Sudhir Shetty mengatakan, saat ini risiko global memang lebih tinggi. Sebab, The Fed diperkirakan akan naikkan suku bunganya lebih cepat.

“Untuk mengatasi risiko terhadap stabilitas ekonomi makro, negara-negara kawasan perlu mempertimbangkan pengetatan kebijakan moneter dan melanjutkan penguatan peraturan makroprudensial,” katanya di Kantor Bank Dunia, Jakarta, Kamis (12/4/2018).

 Baca Juga:

BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di 4,25%

Dirut Mandiri Senang Suku Bunga BI Dipertahankan

Menurutnya, jika suku bunga AS dinaikkan maka kerentanan sektor keuangan di negara-negara dengan tingkat utang yang tinggi atau pertumbuhan kredit yang cepat akan semakin parah. “Waktunya sudah tiba bagi bank sentral di negara berkembang di kawasan untuk menaikkan suku bunga. Kebijakan moneter yang longgar negara berkembang di kawasan sudah seharusnya berakhir,” imbuh dia.

 

Namun demikian, Ekonom Senior Bank Dunia Derek Chen melihat bahwa BI belum butuh menaikkan suku bunga dalam waktu dekat ini. Sebab, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) sendiri cenderung stabil.

“Memang kalau suku bunga dipertahankan bisa ada risiko capital outflow, tapi di Indonesia tidak ada capital outflow yang masif. Di pasar obligasi, Indonesia juga terlihat masih baik. BI akan terus menjaga ini (suku bunga acuan)," tandasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini