nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Sembako Mulai Merangkak Naik Jelang Ramadan?

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 14:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 12 320 1885693 harga-sembako-mulai-merangkak-naik-jelang-ramadan-xPWIThfukz.jpg Pedagang Pasar (Foto: Avirista/Okezone)

MALANG - Harga bahan pokok mengalami naik turun menjelang datangnya bulan Ramadan. Tampak beberapa kebutuhan pokok seperti cabai, bawang merah, telur, dan tomat misalnya mengalami peningkatan.

Dari pantauan okezone, di Pasar Induk Gadang harga - harga tersebut mulai merangkak naik. Harga cabai merah misalkan dari sebelumnya dua pekan lalu Rp40.000 per kilogram menjadi Rp47.000 per kilogram di Kamis ini (12/4/2018).

Baca Juga: PT KAI Siapkan 23.000 Kursi Tambahan untuk Mudik 2018

“Kalau kenaikan cabai kemungkinan karena gagal panen sehingga harga bisa naik,” ujar Latifah seorang pedagang cabai di Pasar Induk Gadang, Kota Malang saat ditemui okezone.

Sementara harga bawang merah juga mengalami tren kenaikan ke angka Rp30.000 per kg, dari sebelumnya seharga Rp17.000 per kg. Ini juga diikuti kebaikan harga tomat yang menyentuh angka Rp10.000 per kg.

Harga telur ayam potong pun ikut merangkak naik di angka Rp22.000 per kg dari sebelumnya Rp19.000 per kg.

Baca Juga: KAI Operasikan 393 Kereta Selama Lebaran, Ada Tiket Tambahan?

Di sisi lain harga telur ayam biasa mencapai harga Rp22.000 per kg dari harga sebelumnya Rp19.000 per kg.

Menurut salah seorang pedagang, Ulfiati kenaikan harga telur ini akan biasa terjadi menjelang Ramadan dan terus merangkak naik hingga lebaran.

“Kalau telur bervariasi tergantung dari jenis Ayamnya. Ini biasa naik jelang Ramadan kan banyak home industri yang mulai bikin kue lebaran. Tapi untuk stok cukup aman," ujarnya.

Baca Juga: Ini Strategi Khusus agar Tol Tidak Macet saat Mudik Lebaran

Namun untuk harga beras di sejumlah pedagang di Kota Malang relatif stabil. Meski demikian pedagang memprediksi akan terjadi kenaikan seperti tahun sebelumnya.

Kenaikan sejumlah harga kebutuhan pangan pokok ini dikeluhkan sejumlah pembeli. Terlebih kenaikan ini diiringi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Kemarin BBM sudah naik sekarang harga pangan juga naik. Ya semoga harga bisa stabil lagi, kasihan kan masyarakat kecil seperti kami,” beber Diana, salah seorang pembeli di Pasar Induk Gadang.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini