Image

Mimpi Punya MRT Akan Terwujud Plus Ada Masinis yang Manis

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 16 April 2018 08:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 13 320 1886431 mimpi-punya-mrt-akan-terwujud-plus-ada-masinis-yang-manis-TMkiybHjk3.jpg Foto: Gubernur DKI Jajal Kereta MRT (Lidya/Okezone)

JAKARTA - Sebentar lagi Indonesia akan memiliki transportasi massal baru yang lebih efisien dan cepat. Transportasi tersebut adalah Mass Rappid Transit (MRT) Jakarta yang direncanakan dapat beroperasi pada Maret 2019.

Rangkaian kereta juga telah dikirim secara bertahap dari Jepang. Pada 4 April lalu telah tiba 2 rangkaian kereta yang terdiri dari 12 kereta di Pelabuhan Tanjung Priok dan pada hari ini, 12 kereta tersebut telah ada di Depo Lebak Bulus.

Untuk itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melihat langsung penampakan dari MRT tersebut dengan mendatangi Depo Lebak Bulus bersama anaknya yang paling kecil dan tim Balai Kota

"Proses pengerjaan keseluruhan MRT sudah sampai 92.5%. Luas tanah di Depo ini sekitar 10,5 hektare. Jadi pusat kegiatan MRT. Kita harap proyek ini tetap berjalan dengan baik selesai tepat waktu dan kualitas baik," ungkapnya di Lebak Bulus, Kamis 12 April 2018.

 Baca Juga: Ada Masinis MRT Wanita Berusia 21 Tahun, Gubernur DKI pun Selfie Bersama

Saat melihat lihat MRT tersebut, Anies sempat berbincang dengan masinis perempuan dan bahkan melakukan selfie bersama di dalam kereta.

"Sempat kita ke inspection set, kita juga sempat ketemu dengan masinis perempuan bernama Tiara usia 21 tahun," ungkapnya.

Dengan adanya masinis yang tidak hanya kaum lelaki dan ada juga kaum perempuan, Anies menilai itu adalah suatu kebanggaan.

"65 masinis sudah siap menjalankan. 32 masinis sudah ada dan 5 di antaranya perempuan. Kami bangga dengan putra putri Indonesia," jelasnya.

 

Menurutnya, MRT ini akan sangat berbeda dengan LRT. Karena MRT mengajak masyarakat untuk lebih disiplin dalam menggunakan transportasi umum.

"MRT bukan hanya transportasi tapi juga media membentuk kebiasaan budaya baru. Antre, tepat waktu, bersih karena harus dikelola seperti itu. Semua menerapkan kedisiplinan amat tinggi. Penumpang dilatih disiplin tepat waktu. MRT juga akan jadi melting pot. 1 gerbong bisa 300 orang, mulai dari orang top di perusahaan sampai support system-nya," jelas dia.

 Baca Juga: Beroperasi Maret 2019, MRT Bakal Terbitkan Kartu Khusus

Dengan MRT ini, diharapkan juga bisa mengurangi volume kendaraan pribadi di jalanan sehingga bisa minimalisir kemacetan yang semakin bertambah di Jakarta.

"Saat ini mayoritas kendaraan pribadi tapi tidak berinteraksi satu sama lain. Masyarakat dari segala strata akan berada di tempat yang sama dan akan memperkuat interaksi antar warga," kata dia.

 

Sementara itu, dia menyebutkan nantinya MRT akan ada tempat khusus bagi difabel dan priority seat yang akan dipastikan hanya untuk yang membutuhkan. "Tahap I, insya Allah bulan Maret (2019) akan operasi. Fase 2 ground breaking Desember," tukasnya.

Direktur Utama MRT William Sabandar mengatakan, proses pengerjaan hanya tinggal sedikit untuk pintu masuk stasiun dan pekerjaan rel.

"Sisa pekerjaan 8%. Itu 8% pekerjaan entrance, interior dan system. Pekerjaan rel kereta, power on," ungkapnya.

Menurutnya, kereta yang akan dioperasikan tanpa awak ini akan mulai di uji coba pada semester II tahun ini. Uji coba akan dilakukan langsung pada rel selama tiga bulan untuk memastikan dapat beroperasi tanpa kendala pada Maret 2019.

"Agustus kereta pertama akan diuji coba di track. Dimulai integrated testing and commisioning. Akan ada 3 bulan untuk trail run," jelasnya.

Menurutnya ada beberapa kendala yang akan dihadapi MRT dalam proses uji coba di antaranya harus memastikan semua proses berjalan dengan baik.

"Challenge terutama memastikan proses integrasi," kata dia.

Sementara itu, untuk tahap awal pengoperasian MRT masih akan menggunakan masinis. Karena tahap awal harus memastikan bahwa semua berjalan dengan baik.

"Awal beroperasi nanti ada masinis. Untuk menutup pintu karena kalau penuh pintu tidak bisa tertutup sempurna," tukas dia.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini