Image

Pertamina Masih Menanti Penugasan Jual Premium di Jamali

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 14 April 2018 15:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 14 320 1886662 pertamina-masih-menanti-penugasan-jual-premium-di-jamali-ECtMBHRcxE.jpg SPBU Milik Pertamina. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menunggu update mengenai rencana revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Jika sudah, maka Pertamina akan didorong untuk menyediakan Premium di Jawa, Madura dan Bali (Jamali).

Asal tahu saja, penyediaan Premium dan Solar saat ini hanya ditugaskan pemerintah ke Pertamina untuk wilayah luar Jawa, Madura dan Bali (luar Jamali). Sedangkan untuk Jamali, penugasan hanya untuk Solar, Premium bukan merupakan BBM penugasan.

"Kan memang selama ini harus sesuai Pepres 191 yang mana dimintakan. Dengan Pepres 191 di Jamali itu bebas," ujar Deputi Bidang Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, di Sentul, Bogor, Sabtu (14/4/2018).

Baca Juga: BBM Premium Langka di Tengah Kenaikan Harga Pertalite Dinilai Wajar

Akan tetapi, kata Fajar, Kementerian ESDM sudah mengajukan ke Pertamina untuk menyiapkan pasokan di Jamali. Hal ini sejalan dengan revisi Perpres 191. "Ada surat dari ESDM untuk memasok kembali Premium, nah ini sedang diusahakan," tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar mengatakan, sebagaimana arahan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas (Ratas), meminta untuk menjaga ketersediaan Premium di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Oleh karena itu, kata Arcandra, Presiden akan merevisi aturan yang sudah jalan ini. Tujuannya, supaya BBM penugasan jenis Premium berlaku tidak hanya di luar Jamali, tapi juga di Jamali.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini