Image

Cara Hadapi Bos saat Anda Tertangkap Basah Bergosip di Kantor

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 15 April 2018 22:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 15 320 1886886 cara-hadapi-bos-saat-anda-tertangkap-basah-bergosip-di-kantor-oKlvGNVYOQ.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA  - Kita tahu bahwa harus menghindari gosip kantor dengan segala cara. Tapi, manusia tidak ada yang sempurna, sesekali kita jatuh ke dalam perangkap. Berbisik tentang drama pernikahan rekan kerja atau mengembangkan hipotesis liar tentang mengapa atasan dalam suasana hati yang buruk.

Untuk sebagian besar, tampaknya memang tidak berbahaya, tentu sampai Anda tertangkap basah. Saat itu sudah terlambat bagi Anda untuk menghindari gosip sama sekali. Anda sudah terlibat. Jadi, apa cara terbaik untuk menangani setelah Anda tertangkap basah?

Ada 3 strategi yang dapat membantu Anda memperbaiki reputasi setelah terlibat dalam rumor-rumor yang tidak baik itu.

Tapi pelajaran pasti dari gosip kantor adalah sama sekali tidak pernah berguna, jadi lebih pintar untuk berhenti berpartisipasi. Ini serius.

Baca Juga: 4 Sikap yang Tak Boleh Diterapkan ke Diri Sendiri

Berikut 3 hal yang harus Anda lakukan ketika tertangkap basah bergosip di di kantor, seperti yang dilansir dari laman The Muse.

1. Ketika Tertangkap Basah oleh Atasan sedang Bergosip

Tidak salah jika kejadian ini membuat jantung Anda terasa lompat dari dada. Untuk menyelamatkan reputasi Anda, pastikan 'apakah Anda benar-benar yakin bahwa atasan mendengar percakapan itu?'

Anda tentu tidak ingin menyoroti perilaku buruk Anda. Jadi, sebelum membahas situasinya, Anda harus cukup yakin bahwa atasan Anda sudah sadar akan pelanggaran Anda.

Jika Anda berpikir atasan tak mendengarnya, maka tidak ada gunanya mengatakan apa-apa karena akan memperkeruh keadaan.

(Tips menghadapi bos saat ketahuan bergosip. Ilustrasi: Shutterstock)

Tapi, jika tidak ada keraguan bahwa atasan Anda mendengar gosip, Anda tentu ingin bertindak cepat untuk memperbaiki keadaan.

Perbaikan ini lebih baik ditangani secara langsung. Jaga percakapan tetap santai dan mampir ke meja bos Anda untuk mengatakan sesuatu seperti:

"Saya ingin meminta maaf atas apa yang saya katakan di ruang istirahat sebelumnya. Itu tidak pantas, aku malu, dan gosip kantor semacam itu tidak akan pernah keluar dari bibirku lagi."

Apakah akan canggung? Tentu. Tapi, kemungkinannya, atasan akan terkesan dengan Anda.

2. Ketika Anda Tertangkap Basah Oleh Orang yang Anda Bicarakan

Tertangkap bergosip selalu tidak nyaman, terutama ketika subjek gosip Anda adalah rekan yang secara langsung mendengar percakapan Anda tentang dirinya. 

Tentu seharusnya Anda akan dapat segera bertindak untuk bisa menyelamatkan reputasi dan mempertahankan hubungan Anda. Bicaralah dengan orang itu sambil menatap matanya untuk menunjukkan keseriusan, dan katakan:

"Aku sangat menyesal. Aku tidak tahu kamu ada di sini, tapi itu juga tidak membuat percakapan itu benar. Ini bukan urusan kami dan kami bahkan tidak boleh membahasnya. Saya tahu permintaan maaf ini tidak akan menggantikannya, tetapi saya benar-benar minta maaf karena saya tahu mendengar itu membuat perasaan tidak baik."

Rekan kerja itu mungkin tidak akan terlalu cepat mempercayai Anda di masa depan. Tetapi, berusaha untuk meminta maaf selalu layak untuk diusahakan.

3. Ketika Anda Tertangkap Bergosip Oleh Rekan Kerja Lainnya

Yang satu ini, paling tidak menimbulkan kecemasan dari yang lainnya. Tertangkap gosip memang bukan hal baik, tapi, jika Anda harus memilih atasan, subjek pembicaraan, atau rekan kerja lainnya, Anda mungkin akan memilih opsi rekan kerja lainnya. Meski begitu, situasi ini layak mendapat perhatian.

Baca Juga: 4 Langkah Move On dari Kegagalan Karier

Ketika Anda yakin bahwa rekan Anda tidak bisa membantu ketika mendengar bisik-bisik Anda, tentu saja, segera berhenti bergosip.

Kemudian, luangkan waktu sebentar untuk menilai seberapa serius situasinya. Apakah obrolan Anda cukup ringan dan tidak berbahaya? Dalam hal ini, Anda mungkin lebih baik mengakhiri percakapan dan hanya berpisah.

Tapi, jika gosip Anda sangat kasar atau tidak pantas, lebih baik untuk mengambil alih mengakui  kesalahan Anda, daripada mencoba untuk berusaha membenarkan diri.

Jika Anda dapat bereaksi tepat waktu, katakan sesuatu seperti ini saat itu juga:

"Saya minta maaf, [Nama Rekan]. Kami seharusnya tidak membicarakan hal ini, itu bukan urusan kami. Saya malu Anda menangkap pembicaraan kami, tetapi juga senang karena itu adalah pengingat yang baik bahwa saya tidak boleh bergosip."

Jika rekan kerja Anda pergi sebelum Anda dapat menyatakan maaf, saat ada kesempatan sendirian dengan rekan itu, ambil kesempatan untuk mengakui kesalahan Anda.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini