Image

Cara Keluar dari Masalah yang Menghambat Karier

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 15 April 2018 23:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 15 320 1886961 cara-keluar-dari-masalah-yang-menghambat-karier-LUgaE3gneq.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Dalam perjalanan karier terkadang kita menghadapi masa 'terjebak'. Kita tidak memiliki kejelasan untuk mencapai tujuan karier.

Ketika tidak jelas tentang tujuan karier Anda, maka tidak mungkin untuk mencapainya. Menemukan kejelasan dari tujuan karier menjadi hal yang sangat penting.

Dalam kehidupan apa pun, Anda akan melewati periode di mana memiliki kejelasan yang luar biasa tentang karier, dan merasakan periode saat-saat Anda tidak memilikinya. 

Berikut dua tips untuk Anda mendapatkan kejelasan dalam berkarier ketika terasa terjebak, seperti yang dilansir dari laman The Muse

Baca Juga: 4 Sikap yang Tak Boleh Diterapkan ke Diri Sendiri

1. Menemukan Kejelasan

Terkadang kita berpikir menginginkan hal-hal tertentu karena orang lain berpikir kita harus menginginkannya. Padahal kita harus mencari tahu sendiri.

Mencari tahu apa yang benar-benar Anda inginkan adalah proses penyelidikan emosional yang mendalam, dan Anda harus bersedia untuk jujur ​​dengan diri sendiri.

Penulis buku The Life and Times of a Remarkable Misfit, AJ Leon, menyatakan dalam bukunya:

'Tulis deskripsi 500 kata tentang apa yang Anda inginkan dalam hidup Anda untuk dua tahun. Ini akan bertindak sebagai rambu Anda. Kemudian, posting di blog Anda atau kirimkan email kepada seseorang yang akan 'mendapatkannya'. Sulit untuk mengingkari sesuatu yang telah Anda umumkan sebelumnya. 

Meditasi juga dapat menjadi cara lain yang bagus untuk menemukan kejelasan. Baiknya melakukan meditasi harian dan merenungkan penyelarasan antara tindakan dengan tujuan karier. 

Baca Juga: 4 Langkah Move On dari Kegagalan Karier

2. Menyelaraskan Tindakan ke Tujuan Karier

Setelah Anda memiliki kejelasan tentang apa yang ingin dicapai, itu menjadi mudah untuk menyelaraskan tindakan Anda dengan tujuan Anda.

Penulis buku Principles : Life and Work, Ray Dalio dalam bukunya menggunakan analogi sebuah mesin untuk menggambarkan suatu proses untuk mencapai tujuan akhir karier. Dimana kita memiliki tujuan akhir karier, dan memiliki hasil dari tujuan itu.

Tindakan yang Anda ambil menjembatani kesenjangan antara tujuan dan hasil Anda. Jika tujuannya berbeda dari hasil, Anda memiliki cacat dalam desain mesin. Jika hasilnya tidak menguntungkan, Anda harus mengubah desain.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini