nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sistem Ganjil-Genap, Ada Masyarakat 'Uji Nyali' di Tol Tangerang

ant, Jurnalis · Senin 16 April 2018 09:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 16 320 1887086 sistem-ganjil-genap-ada-masyarakat-uji-nyali-di-tol-tangerang-vyLAOZtAEV.jpg Foto: Ganjil-Genap di Tol Jakarta Tangerang (Okezone)

JAKARTA - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengungkapkan, dari hasil pelaksanaan uji coba hari pertama ini, sebenarnya sudah banyak pengendara yang mengetahui aturan ini sehingga yang berpelat ganjil mencari jalan lain menuju Jakarta.

"Tapi ada juga pengendara berpelat ganjil yang sebenarnya sudah tahu aturan ini, ingin coba-coba masuk tol. Untuk yang ini kita sampaikan secara persuasif bahwa ada aturan baru," kata Humas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Budi Rahardjo saat dihubungi di Jakarta, Senin (16/4/2018).

 Baca Juga: BPTJ: Masyarakat Sudah Tahu Aturan Ganjil-Genap di Tol Jagorawi dan Tangerang

Sosialisasi oleh BPTJ dilakukan secara masif di sejumlah titik yang berdekatan dengan pintu tol dan di tepi jalan raya, baik berupa spanduk maupun brosur yang dibagikan ke pengemudi.

"Intinya kita ingin semua pengendara tahu sehingga pada pelaksanaan wajib pada awal Mei, sudah tahu semua," katanya.

 

Sosialisasi, kata Budi Rahardjo, juga dilakukan di tol Cibubur-Jakarta agar pengendara juga paham.

Seperti yang diketahui, prioritas paket kebijakan di Tol Jagorawi adalah penerapan skema ganjil-genap di Gerbang Tol (GT) Cibubur 2 arah Jakarta, pada pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional.

 Baca Juga: Sistem Ganjil-Genap di Tol Jagorawi dan Tangerang Dimulai

Kedua, penerapan Lajur Khusus Kendaraan Umum (LKAU) dari Bogor-Pasar Rebo arah Jakarta setiap pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali libur nasional. Plus pengembangan rute JR Connexion di lokasi perumahan prioritas, yakni Legenda Wisata, Citra Grand, Cibubur Country, Metland Transyogi dan Cibubur Residence.

Sementara itu, paket kebijakan yang akan diterapkan di Tol Jakarta-Tangerang, adalah tiga kebijakan seperti di Cikampek yakni ganjil genap di GT Tangerang 2 dan GT Kunciran 2 arah Jakarta, lajur khusus bus dan pengendalian truk golongan III hingga V mulai dari Tol Cikupa-Tomang untuk dua arah mulai pukul 06.00-09.00 WIB.

"Untuk mendukung perpindahan pengguna dari mobil pribadi ke bus, pada dua jalan tol, kami siapkan masing masing 20 bus dengan tarif terjangkau dan bisa ditambah jika diperlukan," kata Kepala BPJT Kementerian Perhubungan, Bambang Prihartono.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini