nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertamina Akan Tetap Jual Premium saat Asian Games

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 16 April 2018 16:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 16 320 1887316 pertamina-akan-tetap-jual-premium-saat-asian-games-SfaDCrJiLs.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyatakan tetap menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium selama berlangsungnya Asian Games. Sebelumnya, perusahaan minyak negara itu berencana untuk berhenti menjajakan Premium selama event internasional tersebut.

Asal tahu saja, rencana penghentian penjualan BBM jenis Premium adalah tindak lanjut dari surat rekomendasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait dengan penggunaan bakar bensin berkualitas Euro 4, yaitu Pertamax Turbo selama periode Asian Games pada bulan Agustus 2018 dan pertemuan IMF-World Bank di Bali pada bulan Oktober 2018.

SPV Fuel Marketing Gigih Wahyu Hari mengatakan, Pertamina memang berkomitmen untuk melaksanakan rekomendasi Kementerin LHK untuk mengurangi penggunan Premium, akan tetapi prosesnya bertahap. 

"Premium tetap dijual pas Asian Games. Kita kan enggak siap, harus bertahap," ujarya di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Baca Juga : Tanpa Revisi Perpres soal BBM, Kinerja Pertamina Sudah Terganggu

Gigih mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian LHK soal perubahan rencana tersebut. Gigih juga memberikan pemahaman bahwa belum semua kilang Pertamina memiliki kapasitas untuk menghasilkan bakar bensin berkualitas Euro 4.

"Kita kan sudah komunikasi sama KLH. Kita secara terus kita sampaikan, kita mengarah menuju ke kualitas baik kan. Semua sebenernya bisa, tapi kilang kita enggak bisa semua," tukas dia.

Sebelumnya, Vice President Communication Corporate Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan,  sebagai bentuk tindaklanjut surat rekomendasi LHK, maka perseroan memutuskan untuk menghentikan penjualan BBM jenis Premium selama penyelenggaraan dua event internasional itu.

Baca Juga : Hindari Kelangkaan Premium di Jamli, Presiden Jokowi Akan Revisi Perpres

Adiatma melanjutkan, Pertamina berupaya untuk menyesuaikan dengan aturan yang dibuat oleh pemerintah. Peniadaaan BBM jenis premium dimaksudkan untuk menciptakan kualitas udara yang sesuai dengan standart WHO bagi penyelenggara event internasional.

Adapun dalam surat KLHK kepada Presiden Jokowi terdapat eempat poin yang disampaikan. Tujuan daripada penulisan surat tersebut adalah mendorong terciptanya kualitas udara sesuai dengan standart WHO bagi penyelenggara event internasional.

Dengan mempertimbangkan kondisi udara di Indonesia, maka KLHK memberikan beberapa rekomendasi, salah satunya adalah penggunaan BBM standar Euro 4 yaitu Pertamax Turbo guna mengurangi tingkat polusi.

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini