Image

Neraca Perdagangan Surplus Topang Laju IHSG

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 07:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 17 278 1887557 neraca-perdagangan-surplus-topang-laju-ihsg-T3m4lwQ8eq.jpg Ilustrasi: Pergerakan IHSG (Foto Shutterstock)

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan kembali menguat. Diperkirakan IHSG akan berada di kisaran support 6.258-6.272 dan resisten 6.295-6.314.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, adanya kenaikan IHSG pasca terjadinya pelemahan memberikan peluang pada IHSG untuk dapat kembali melanjutkan kenaikannya. Akan tetapi, kenaikan ini kembali harus diuji ketahanannya untuk mendukung kenaikan lanjutan dari IHSG seiring masih variatifnya sentimen yang ada.

"Posisi IHSG yang masih di area oversold memiliki potensi rebound sepanjang tidak dimanfaatkan oleh adanya aksi jual masif. Tetap waspadai terhadap sentimen-sentimen yang dapat membuat IHSG berbalik melemah," ujarnya dalam riset tertulis, Selasa (17/4/2018).

Baca Juga: IHSG Ditutup Menguat ke 6.298 Ditopang Surplus Neraca Dagang Maret

Reza melanjutkan, penguatan IHSG sejalan dengan kembali menguatnya sejumlah indeks saham Asia yang dibarengi dengan adanya sejumlah berita-berita positif dari emiten terkait perkiraan kinerja kuartal pertama, pembagian dividen, hingga rencana ekspansi membuat laju IHSG mampu memanfaatkan kenaikan tersebut sehingga dapat berbalik positif.

"Adanya rilis surplus neraca perdagangan Indonesia oleh BPS dimana dilaporkan surplus USD1,09 miliar turut memberikan sentimen positif di pasar," imbuhnya.