nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OJK Hapus Sistem Pendaftaran Manual Aksi Korporasi Mulai Juni 2018

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 13:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 17 320 1887671 ojk-hapus-sistem-pendaftaran-manual-aksi-korporasi-mulai-juni-2018-kzrCSztI8R.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menghapuskan sistem manual untuk pernyataan pendaftaran dan pendaftaran aksi korporasi secara manual. Sebagai gantinya, OJK akan mewajibkan emiten maupun calon emiten untuk menyampaikan pendaftaran dan pendaftaran aksi korporasi melalui pendaftaran elektronik atau e-registration.

Hal tersebut sehubungan dengan telah terbitnya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 58/POJK. 04/2017 tentang Penyampaian Pernyataan Pendaftaran atau Pengajuan Aksi Korporasi Secara Elektronik.

 Baca juga:  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menghapuskan sistem manual untuk pernyataan pendaftaran dan pendaftaran aksi korporasi secara manual.

Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 2B - OJK Djustini Septiana menegaskan, OJK akan memberikan masa uji coba selama enam bulan yang terhitung sejak terbitnya regulasi, bagi emiten untuk memilih pernyataan pendaftaran dan pendaftaran aksi korporasi secara manual ataupun sistem elektronik yang telah disediakan OJK. Setelah tenggat waktu tersebut tepatnya pada Juni 2018 OJK akan menghapuskan sistem manual.

"Setelah enam bulan itu sudah wajib semua. Kalau ini kan kita boleh iya, boleh tidak masih pilihan," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

 Baca juga: OJK Tetapkan Kenaikan Modal Kerja Perusahaan Sekuritas Tahun Ini

Djustini menyebut, sudah ada tiga emiten yang memanfaatkan pendaftaran elektronik untuk proses penawaran umum perdana saham atau initial public offering (OJK).