nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Fakta Ganjil-Genap Tol Jagorawi dan Tangerang

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 15:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 17 320 1887764 8-fakta-ganjil-genap-tol-jagorawi-dan-tangerang-m4wP3HM89u.jpeg Jalan Tol (Foto: Antara)

JAKARTA - Setelah berhasil mengurai kepadatan kendaraan di ruas tol Cikampek-Jakarta melalui sistem ganjil-genap, kini giliran tol Jagorawi dan Tangerang memberlakukan kebijakan tersebut.

Pemberlakuan tersebut mulai dari 16 April 2018. Seperti apakah fakta pelaksanaan sistem ganjil genap kedua tol tersebut? Berikut ini uraiannya.

Baca Juga: Pemerintah Sudah Bayar Rp3,4 Triliun untuk Lahan Tol Batang-Semarang

1. Ganjil-genap di tol Jagorawi diterapkan di Gerbang Tol (GT) Cibubur 2 arah Jakarta pada pukul 06.00-09.00 WIB, setiap Senin-Jumat kecuali hari libur nasional. Kemudian, penerapan lajur khusus angkutan umum (LKAU) dari Bogor-Pasar Rebo arah Jakarta.

(Foto: Antara)

2. Ganjil genap juga didukung pengembangan rute JR Connexion di lokasi perumahan prioritas, yakni Legenda Wisata, Citra Grand, Cibubur Country, Metland Transyogi, serta Cibubur Residence.

3. Ganjil-genap di tol Tangerang-Jakarta diujicobakan di GT Tangerang 2 dan GT Kunciran 2, lalu lajur khusus bus dan pengendalian truk golongan III-V mulai tol Cikupa-Tomang untuk dua arah.

(Foto: Antara)

4. Kepala Badan Pengelola Trans portasi Jabodetabek (BPTJ) Ke - menterian Perhubungan Bambang Prihartono mengatakan, untuk mendukung perpindahan pengguna dari mobil pribadi ke bus pada dua ruas jalan tol itu, telah disiap kan masing-masing 20 bus dengan tarif terjangkau dan bisa ditambah jika diperlukan.

5. Uji coba ganjil-genap di tol Jagorawi dan Tangerang mulai Senin 16 April 2018 hingga akhir April. Paket kebijakan pengurai kemacetan ini diterapkan secara efektif pada Mei 2018.

6. Penerapan ganjil-genap juga ditargetkan menghemat biaya mencapai Rp140 miliar karena memperpendek waktu tempuh dengan penggunaan bahan bakar dan mengurangi kerusakan jalan.

Baca Juga: Pembangunan Tol Batang-Semarang Capai 75,4% Bisa Dilalui Mudik

7. Kebijakan ganjil-genap targetnya meningkatkan rasio pengguna jalan dengan kapasitas jalan tol (V/C Rasio) menjadi 0,5 hingga 0,6 dari kondisi saat ini lebih dari satu pada titik tertentu, khususnya pada jam-jam sibuk.

(Foto: Antara)

8. Untuk mendukung ganjil genap, PT Transportasi Jakarta menambah empat bus yang biasa beroperasi di rute Tangerang-Jakarta. Setiap harinya Transjakarta rute Tangerang beroperasi sebanyak 38 unit, kini jumlah bus mencapai 42 unit. Bus rute Tangerang terdiri atas tiga rute, yakni Poris-Bun - daran Senayan, Poris-Juanda, dan BSD-Grogol.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini