OJK Terus Didorong Tingkatkan Anggaran Literasi dan Inklusi Keuangan

Rus Akbar, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 16:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 17 320 1887798 ojk-terus-didorong-tingkatkan-anggaran-literasi-dan-inklusi-keuangan-qfLcuSgOqc.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

PADANG - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) didorong untuk menyisihkan anggaran sebanyak 6% untuk literasi inklusi keuangan sebelumnya 3% dari total anggaran OJK.

“Kami berikan anggaran lebih, ketika ketua OJK minta dana 3% dari total anggarannya, kami dorong menjadi 6% untuk literasi inklusi keuangan baik perbankan dan nonbank,” kata anggota Komisi XI DPR Elviana saat penyerahan mobil Ambulan untuk Yayasan Panji Dara Jingga dana program CSR Pasar Modal Indonesia di Padang, Selasa (17/4/2018).

Baca Juga: OJK Hapus Sistem Pendaftaran Manual Aksi Korporasi Mulai Juni 2018

Menurutnya saat ini masyarakat jangankan mengenal saham mungkin mengenal bank saja masih banyak tidak tahu sebagai contoh di Jambi lokasi asal pemilihannya masih banyak kota kecamatan yang tidak memiliki bank.

“Meski ada laku pandai kayak warung-warung didorong bertransaksi. Namun masyarakat kan belum tahu bank. Dulu kita meminta kepala OJK Jambi untuk mendorong Bank Jambi untuk membuka kantor cabang di daerah-daerah hingga perputaran keuangan masyarakatnya agar masyarakat bisa sejahtera,” terangnya.

Baca Juga: OJK Mengimbau Perusahaan Harus Siap dengan Transformasi Teknologi

Kata Elviana, anggaran 6% seperti OJK itu menerima anggaran Rp4 triliun sebanyak 6% dari anggaran tersebut dianggarkan untuk gerakan inklusi keuangan.

“Nantinya anggaran 5% itu akan kembali di evaluasi apa benar itu digunakan atau tidak. Dalam pantauan kami benar-benar luar biasa, masyarakat harus tahu itu anggaran itu akan dipakai misalnya masyarakat beternak sapi bisa diasuransikan Rp30 ribu per bulan dan kalau sapinya mati dapat 10 juta. Itulah spesalisasi OJK melakukan gerakan inkusi keuangan secara massif terus kepada masyarakat kami dari komisi XI terus mendorong hal itu,” pungkasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini