Rumah Tanpa DP untuk PNS: Tenor 30 Tahun dan Bunga Rendah

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 19:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 17 470 1887903 rumah-tanpa-dp-untuk-pns-tenor-30-tahun-dan-bunga-rendah-paMDlTmsCZ.jpeg Bambang Brodjonegoro. Foto: Lidya/Okezone

JAKARTA - Pemerintah akan menyediakan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tanpa uang muka (down payment/DP) atau DP Rp0. KPR dengan DP Rp0 ini diberikan untuk aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI dan Polri.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjenogoro mengatakan, pemerintah juga akan memberikan masa waktu cicilan atau tenor dalam waktu yang lebih panjang dengan bunga yang lebih rendah dari KPR biasanya.

Baca Juga: PNS yang Belum Punya Rumah Bisa Ajukan KPR DP Rp0

"Ini opsi sama kaya kalau kamu ditawarkan KPR, terserah mau ambil atau tidak. Cuma untuk pegawai negeri dan TNI, Polri," ungkapnya di Kantornya, Selasa (17/4/2018).

Dia menyebutkan, pembiayaan KPR Rp0 bagi PNS ini didukung oleh Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) dan Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri). Selain itu, bunga cicilan yang diberikan lebih rendah.

 

"Taspen dan Asabri kita dorong supaya enggak ada DP, tingkat bunganya relatif lebih baik dari bunga market dan cicilannya lebih panjang, bisa sampai 30 tahun," jelasnya.

Mantan Menteri Keuangan ini menyebutkan, ini adalah pilihan bagi PNS yang belum memiliki rumah.

Baca Juga: Mau Jadi PNS Lewat Sekolah Kedinasan? Ini Kisi-Kisi Seleksinya

"Intinya kredit kepemilikan rumah yang opsional. Jadi ASN, TNI, Polri disediakan opsi apabila membutuhkan rumah maka ada kredit yang dasarnya kredit multiguna tanpa DP dan tenornya lebih panjang dari biasanya," tukasnya.

Sementara itu, pembayaran akan dilakukan melalui pemotongan gaji per bulannya. Namun akan tetap melihat berapa yang mampu dibayarkan dari gajinya.

"Nanti metode cicilannya langsung payroll dan gajinya," tukasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini