Image

DP Rumah Rp0 untuk PNS Tinggal Sosialisasi

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 20:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 17 470 1887913 dp-rumah-rp0-untuk-pns-tinggal-sosialisasi-ysibsyyvNN.jpeg Bambang Brodjonegoro. Foto: Lidya/Okezone

JAKARTA - Pemerintah akan segera merealisasikan pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri. KPR diberikan dengan DP Rp0 dengan jangka waktu cicilan hingga 30 tahun.

Menteri PPN/Kepala Bappenas mengatakan, itu merupakan keputusan hasil rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara kemarin.

Baca Juga: Rumah Tanpa DP untuk PNS: Tenor 30 Tahun dan Bunga Rendah

"Itu kan hasil ratas kemarin. Skemanya sudah siap dan tinggal sosialisasi," ungkap Bambang di kantornya, Selasa (17/4/2018).

Bambang menjelaskan, nantinya para abdi negara yang belum memiliki rumah ini akan lebih dimudahkan. Namun, ini merupakan pilihan dan bukan paksaan dari pemerintah.

"Ini akan meringankan ASN, TNI dan Polri apabila mereka ingin punya rumah. Kalau mereka enggak butuh rumah enggak usah, tapi kalau mereka butuh dimungkinkan," jelasnya.

Mantan Menteri Keuangan ini juga menjelaskan, nantinya cicilan akan diberikan lebih rendah dari KPR biasanya. Kemudian cicilan akan dipotong dari gaji bulanan.

Baca Juga: PNS yang Belum Punya Rumah Bisa Ajukan KPR DP Rp0

Sementara itu, KPR yang diinginkan bisa di daerah mana saja dan tidak ditentukan secara spesifik. "Terserah (lokasi rumahnya)," kata dia.

Dengan demikian pihaknya juga akan membuat tim untuk melakukan sosialisasi bagi para PNS.

"Bikin tim dulu, jelas harus. Karena harus sosialisasi. Tahun ini (bisa jalan)," tukasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini