nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Developer Mulai Lirik Bisnis Rumah Mangkrak

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 20:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 17 470 1887920 banyak-developer-mulai-lirik-bisnis-rumah-mangkrak-wkIe2ai4XJ.jpg Perumahan. (Foto: Okezone/Dede)

JAKARTA - Memasuki 2018, industri properti diprediksi akan mengalami sedikit perbaikan, meskipun belum akan terlalu mengangkat. Sinyal positif tersebut juga mulai dibaca oleh beberapa developer maupun perbankan untuk menciptakan inovasi-inovasi baru, agar menarik minat masyarakat untuk membeli properti.

Yang terbaru, adalah banyaknya developer yang mulai menjadikan rumah mangkrak, karena sang pemilik mengalami gagal bayar, sebagai bahan bisnis yang baru. Banyak sekali developer yang mulai mencari rumah-rumah bekas atau yang biasa disebut rumah NPL untuk nantinya di jual kembali.

Hal tersebut diakui oleh Direktur Collection & Asset Management Bank BTN Nixon Napitupulu. Menurutnya, banyaknya developer yang mengincar jenis rumah tersebut untuk dijadikan hunian karena harganya yang relatif lebih murah.

Baca Juga: Mengupas Rumah Murah untuk Seluruh Daerah

Pasalnya, biaya renovasinya tidak terlalu mahal karena rumah dan tanah tersebut sudah dalam kondisi siap hanya perlu sedikit polesan sedikit. Setelah direnovasi, rumah tersebut bahkan bisa dijual dengan harga yang sama seperti rumah baru.

"Ini model ekonomi (bisnis baru) bisa buat investasi karena harganya murah dan bisa jual kembali," ujarnya dalam sebuah diskusi di Bebek Bengil, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Menurut Nixon, murahnya harga lelang dikarenakan rumah tersebut dalam kondisi yang seadanya. Selain itu, rumah tersebut juga sudah mengalami gagal bayar beberapa tahun sehingga sengaja harganya dimurahkan.

"Memang harganya murah karena kondisinya apa adanya. Jadi jangan bayangkan rumah di Pondok Indah. Kadang jendelanya sudah pecah. Tapi harus dilihat dari sisi harga itu jauh di bawah market. Sehingga ini juga jadi daya tarik dari pada beli rumah baru toh bisa direnovasi jadi kenapa tak beli rumah murah," ucapnya.

Salah satu yang memanfaatkan pembelian rumah NPL untuk kemudian dijual kembali adalah Andreas N Widjaja sang pemilik PT Anugerah Jaya Reality. Pemilik perusahaan yang bergerak di bidang manajemen properti dan pengembangan ini tertarik untuk mengandalkan rumah bekas (NPL) untuk dipermak dan dijual kembali.

Menurut Andreas dengan membeli rumah NPL untuk nantinya dijual kembali memiliki keuntungan yang relatif besar. Untuk rumah subsidi dirinya bisa mendapatkan margin keuntungan hingga 20% sedangkan rumah komersial , margin keuntungannya bisa mencapai 50%

"Kalau saya kan beli rumah untuk dijual lagi melalui KPR subsidi nah itu keuntungannya lumayan bisa 20%. Sedangkan kalau komersial itu lebih besar lagi bisa sampai 50%," jelasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini