nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Thailand Dinilai Lebih Sukses dari Indonesia Kelola Pangan untuk Stabilkan Inflasi

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 11:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 18 20 1888115 thailand-dinilai-lebih-sukses-dari-indonesia-kelola-pangan-untuk-stabilkan-inflasi-ow7YhACXaJ.jpg Konferensi pers Indef (Foto: Feby Novalius/Okezone)

JAKARTA - Indonesia perlu mencontoh Thailand yang fokus mengembangkan sektor pertanian untuk menstabilkan laju inflasi dan nilai tukar mata uangnya. Sebagai negara agraris, Indonesia kalah dibandingkan Thailand yang memiliki luas tanam lebih kecil.

Ekonom Institute for Developement of Economic (Indef) Eko Listiyanto mengatakan, mengutip data The Global Economic, negara surplus atau eksportir pangan selalu bisa menstabilkan perekonomian yang cenderung lebih baik, baik itu nilai tukar dan inflasi. Contohnya Thailand yang menjadi negara eksportir beras nomor 2 di dunia.

 Baca juga: BI: Dunia Usaha Proyeksikan Inflasi 2018 3,44%

"Ekspor dia (Thailand) terhadap GDP lebih tinggi, penerimaan dia dari jualan ke luar negeri sisi total relatif secara stabilitas. Kita kalah, bukan hanya main bola saja kalah, tapi pangan juga. Padahal penduduk di sana 68 juta, kita 250 juta jiwa," tuturnya, di Kantor Indef, Jakarta, Rabu (18/4/2018).