nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Basuki Targetkan Perbaikan Jembatan Cincin Lama Rampung 40 hari

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 17:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 18 320 1888355 menteri-basuki-targetkan-perbaikan-jembatan-cincin-lama-rampung-40-hari-wFdEpzIlDn.jpg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono langsung mengirimkan berbagai peralatan berat beserta kerangka baja untuk memperbaiki Jembatan Cincin Lama. Dengan demikian, jalan yang menghubungkan Kabupaten Lamongan dan Tuban tersebut dapat segera tersambung.

Menurut Basuki, upaya perbaikan perlu segera dilakukan mengingat jembatan tersebut merupakan jalan nasional yang sangat penting bagi perekonomian.

Apalagi, lanjut Basuki, saat ini sudah memasuki waktu menjelang musim mudik yang akan jatuh pada Juni 2018. Sehingga upaya perbaikan perlu segera dilakukan agar tidak menganggu mudik lebaran.

“Hari ini kami sudah kirim peralatan. Kami harap pondasinya tidak rusak. Mudah-mudahan sudah bisa dilewati dalam 40 hari,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Baca Juga: Menhub Yakinkan Ambruknya Jembatan Widang Tak Ganggu Mudik

Berdasarkan penilaian awal, diperkirakan kerusakan hanya terjadi pada struktur bentang jembatan saja. Artinya, proses perbaikan akan difokuskan pada bagian tersebut. “Bentang itu sekitar 50 meter. Kami sudah mulai kirim hari ini dari Citeureup, Bogor Jawa Barat,” ucapnya

Namun, sebelum melakukan perbaikan Kementerian PUPR masih harus menunggu hasil rekomendasi dari temuan di lapangan. Saat ini, anggota Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) sudah diterjunkan untuk melihat lebih lanjut masalah apa yang terjadi yang bisa membuat jembatan tersebut ambruk.

“Kami masih menunggu hasil rekomendasi. Untuk teknis jembatan, kami kirim anggota KKK. Untuk persoalan dugaan overloading, kami serahkan kepada kepolisian,” ucapnya.

1 Sopir Truk Tewas Akibat Sisi Barat Jembatan Windang Tuban Runtuh

Sebagai informasi, sebelumnya Jembatan Widang atau yang biasa disebut Cincin Lama di Kabupaten Lamongan ambruk pada Selasa 17 April 2018 sekira pukul 11.05 WIB. Akibat kejadian tersebut, satu dump truk, dua truk tronton dan satu sepeda motor imut terjatuh ke air.

Tidak sampai di situ, kejadian tersebut juga turut memakan korban jiwa. Tercatat satu korban meninggal dunia akibat ambruknya jembatan tersebut.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini