Share

Penurunan Saham Teknologi Tekan Bursa Saham Asia

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 20 April 2018 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 20 278 1889138 penurunan-saham-teknologi-tekan-bursa-saham-asia-VJF0jklb51.jpg Ilustrasi: Pergerakan Bursa Saham Asia yang Melemah (Foto: Reuters)

JAKARTA - Melemahnya Wall Street membawa bursa saham Asia dibuka di zona merah pada perdagangan Jumat waktu setempat. Hampir seluruh indeks saham regional melemah karena turunnya saham sektor teknologi.

Melansir CNBC, Jumat (20/4/2018), indeks saham acuan Jepang, Nikkei tergelincir 0,34%. Indeks saham acuan Korea Selatan turun 0,44% dan indeks saham acuan Australia, ASX 200 turun 0,26%.

Baca Juga:

Wall Street Melemah di Tengah Laporan Kinerja Keuangan

Bursa Saham Asia Menguat Tipis, Ini Sebabnya

Perusahaan semikonduktor di kawasan itu diperdagangkan lebih rendah setelah Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC), pembuat chip kontrak terbesar di dunia, mengatakan bahwa perkiraan pendapatan kuartal II-2018 hanya USD7,8 miliar-USD7,9 miliar. Angka ini lebih rendah dari prediksi USD8,8 miliar.

 

Di Jepang, saham Tokyo Electron dan Advantest menurun masing-masing 3,85% dan 3,91%. Sementara saham Samsung Electronics turun 1,93% dan pembuat chip SK Hynix jatuh 3,19%,

Tercatat, saham AS ditutup cukup rendah pada hari Kamis, dengan sektor teknologi berada di bawah tekanan menyusul TSMC yang lemah. Apple, yang TSMC adalah pemasok, turun 2,8% di tengah penurunan saham semikonduktor AS lainnya.

 

Investor juga fokus pada imbal hasil obligasi AS yang lebih tinggi setelah imbal hasil pada obligasi Treasury AS 10-tahun naik di atas 2,9%. Hasil dua tahun diperdagangkan di dekat level tertingginya dalam hampir satu dekade.

Di sisi lain, pendapatan perusahaan dari China Unicom dan China Mobile diharapkan pada hari Jumat, dengan Tokyo Steel Jepang juga akan melaporkan hasil setahun penuh. Rapat umum tahunan HSBC juga akan berlangsung besoknya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini