nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Janji Bereskan 13 Pelabuhan yang Belum Miliki Akses Jalan

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 30 April 2018 17:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 30 320 1892990 menhub-janji-bereskan-13-pelabuhan-yang-belum-miliki-akses-jalan-MruTBYKAWS.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Okezone

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan adanya 30 pelabuhan yang ternyata belum memiliki akses jalan. Menyikapi sindirian orang nomor satu di Indonesia ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) fokus mengerjakan 13 pelabuhan tahun ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengidentifikasi adanya pelabuhan yang tidak bisa dipakai. Pelabuhan itu pun sudah dibangun sejak lama.

Budi Karya

"Oleh karenanya kita tidak bisa hanya mengandalkan perintah kerjakan, tapi saya klarifikasi dan itu memang pelabuhan yang sudah lama dibangun," tuturnya, di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (30/1/2018).

Dari hasil klarifikasi, Menhub mengatakan, ditemukan sejumlah pelabuhan memang tidak bisa dioperasikan. Belum diketahui bagaimana perencanaan awal pembangunan ini bisa dibangun, dari klarifikasinya pelabuhan tidak operasi karena tidak ada yang traffic, ada potensi ekonomi  tidak ada.

Baca Juga: Presiden Sindir 30 Pelabuhan Belum Punya Akses Jalan, Menteri PUPR: Dikerjakan Bertahap

"Jadi berbagai sebab itu. Nah dari klarifikasi itu juga bisa dipastikan paling tidak ada 13 yang segera dikerjakan," tuturnya.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini melanjutkan, hasil pemeriksaan Kemenhub juga menentukan siapa yang akan mengerjakan untuk akses jalan menuju pelabuhan. Misalnya, menjadi jalan nasional maka pemerintah pusat yang mengerjakan.

Dampak Erupsi Gunung Agung, Pelabuhan Ketapang Alami Lonjakan Penumpang 179%

"Nah nanti kita akan pilah-pilah, dari pemilahan akan diselesaikan. Bila tidak ada akses jalan, itu jalan negara atau provinsi, kalau provinsi kita minta provinsi yang bangun," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya terus mengerjakan jalan akses menuju pelabuhan secara bertahap.

"Kita tetap bertahap kita kerjakan.  Misalnya yang di (pelabuhan) Muara Sabak," ujarnya, di Hotel Grand Sahid Jaya.

Baca Juga: Tinjau Makassar New Port, Moeldoko Apresiasi Progress Kerja dan Efisiensi Biaya

Pembangunan jalan untuk 30 pelabuhan ini pun tidak memiliki target. Pasalnya, kata Basuki, pengerjaannya disesuaikan dengan anggaran pembangunan yang ada.

"Biayanya tidak terlalu besar kok, mungkin jalan masuknya. Jadi kita kerjakan terus," tuturnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini