nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Barang Pejabat Negara Dilelang, Hasilnya Terkumpul Rp239 Juta

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 02 Mei 2018 19:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 02 20 1893773 barang-pejabat-negara-dilelang-hasilnya-terkumpul-rp239-juta-dsYACP8iCx.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Ulfa/Okezone

JAKARTA - Lelang barang pejabat negara yang diselenggarakan beberapa waktu lalu berhasil menghimpun dana hingga Rp239 juta. Dana dari lelang dan penjualan sukarela dalam rangka peringatan 110 Tahun Lelang Indonesia itu diserahkan kepada Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif dan Kemitraan Masyarakat (YAPPIKA-ActionAid). 

Baca Juga: Negara Raih Rp240 Juta dari Lelang Barang Pejabat yang Bikin Heboh

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyerahkan langsung dana tersebut kepada Duta YAPPIKA-ActionAid Reza Rahadian, perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, serta perwakilan SDN Cipinang 3 Bogor Jawa Barat.

Ini Koleksi Pribadi Pejabat Negara yang Dilelang di Galeri Nasional Jakarta

"Kegiatan lelang ini cukup menarik perhatian banyak pihak, bahkan ada yang menyangka kita kekurangan uang negara sampai harus lelang," kata dia di Aula Gedung Yusuf Anwar Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (2/5/2018). 

Sri Mulyani menjelaskan, dana yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk membangun dua ruang belajar SDN Cipinang 3 Bogor kelas jauh. 

Baca Juga: Tintin Bergembira Bisa Miliki Batik Iriana Jokowi

Lebih lanjut Sri Mulyani mengatakan, fungsi lelang di Indonesia menjadi semakin penting. Bukan hanya menghimpun Penerimaan Negara Bukan Pajak berupa bea lelang, melainkan juga menjadi salah satu sarana penegakan hukum, penurunan rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan di bidang perbankan, dan dalam konteks yang lebih besar lelang menjadi bagian dari perekonomian Indonesia yang lebih maju. 

Ini Koleksi Pribadi Pejabat Negara yang Dilelang di Galeri Nasional Jakarta

"Saya harap kegiatan lelang ini mulai digerakkan. Saya yakin masyarakat Indonesia masih banyak yang punya barang untuk dilelang," kata dia. 

Adapun penyerahan hasil lelang dan penjualan sukarela ini diadakan di Aula Gedung Yusuf Anwar Kementerian Keuangan dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, serta Direktur Jenderal Kekayaan Negara. 

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini