Jokowi Minta Kerjasama dengan Negara Kawasan Pasifik Selatan Ditingkatkan

Bayu Septianto, Jurnalis · Jum'at 04 Mei 2018 15:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 04 320 1894465 jokowi-minta-kerjasama-dengan-negara-kawasan-pasifik-selatan-ditingkatkan-y0VSQs09iA.jpg Presiden Jokowi (Foto: Antara)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menterinya untuk meningkatkan kerja sama dengan negara-negara kawasan Pasifik Selatan. Dia beralasan Indonesia memiliki letak geografis yang sangat strategis dan menguntungkan di antara dua benua dan dua samudera yakni Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

"Ini yang betul-betul harus kita sadari, harus membentuk haluan politik luar negeri kita menjadi arah diplomasi politik dan ekonomi serta harus betul-betul dimanfaatkan untuk kepentingan nasional kita," kata Jokowi saat menggelar rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Jokowi Lawan Sultan Brunei di Lapangan Badminton, Menang Mana?

Menurut Jokowi untuk masuk ke negara-negara di sekitar Samudera Hindia, Indonesia diuntungkan karena tergabung dalam forum kerja sama melalui IORA (Indian Ocean Rim Association). Kemudian, untuk negara di kawasan Samudera Pasifik diperlukan terobosan menggalang kerja sama yang lebih konkret.

"Terutama kerja sama dengan negara-negara di kawasan Pasifik Selatan yang secara geografis dekat dengan negara kita," ujarnya.

Baca Juga: Asosiasi Produsen Kemas Kaleng Datangi Kemendag, Ada Apa?

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini optimistis kalau negara-negara di kawasan Pasifik Selatan sangat terbuka bekerja sama dengan Indonesia pada berbagai bidang, baik dalam hubungan antar masyarakat di bidang budaya, pendidikan seperti bantuan beasiswa maupun bidang ekonomi seperti berkaitan dengan investasi maupun perdagangan.

"Dan sudah sering saya sampaikan kita harus masuk ke pasar-pasar non tradisional, termasuk negara-negara kawasan Pasifik Selatan ini untuk menawarkan produk unggulan industri manufaktur kita termasuk industri kelautan perikanan dan juga industri jasa kita, serta di bidang konstruksi, informatika," ucapnya.

Jokowi Lawan Sultan Brunei di Lapangan Badminton, Menang Mana?

Jokowi meminta para menterinya untuk memudahkan konektifitas di segala bidang sehingga terdapar peluang sangat besar dalam mempercepat pembangunan kawasan Timur Indonesia.

"Baik konektivitas budaya, ekonomi yang tentu saja perlu didukung oleh konektifitas sistem transportasi kita dengan negara kawasan Pasifik Selatan," tukasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini