nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Bagi Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Milenial

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 12 Mei 2018 16:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 12 320 1897462 sri-mulyani-bagi-tips-mengatur-keuangan-untuk-generasi-milenial-uOR5HYnjr4.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Okezone

JAKARTA - Mengatur keuangan dalam hidup sangat penting bukan hanya untuk keseharian tapi jangka panjang. Oleh karenanya, mesti ada fokus pada keuangan mulai dari sekarang. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani mengelola keuangan prinsipnya hanya satu. Anda yang tahu mana prioritas yang harus dibeli atau tidak.

Jika sudah bisa membedakannya, maka mudah mengatur keuangan dengan menyeimbangkan pengeluaran dan pemasukannya.

"Prinsip dasarnya sama saja antara saya sebagai bendahara negara dengan bendara kelas. Anda buat flow penerimaan dengan belanja dan buat prioritas mana yang harus dan tidak," tuturnya, dalam acara Youth x Public Figure, di Epicentrum Kuningan, Jakarta, Sabtu (12/5/2018).

Sri Mulyani Hadiri Penandatanganan Kerjasama Induk Penggunaan Kartu Pemerintah

Sebenarnya, kata Sri Mulyani anak muda atau generasi milenial sekarang beruntung bisa mendapatkan program Indonesia Pintar dan diberikan beasiswa. Hanya saja, bila dibandingkan dulu sewaktu sekolah, godaan anak muda sekarang lebih besar karena perkembangan film bioskop, tempat kumpul dan lain sebagainya.

"Dulu kuliah di Salemba, saya harus bagi uang untuk makan siang di kampus sekian, dapat dari orang tua satu bulan sekian. Lebihnya  bisa dibeli buku teks yang saya sukanya original," tuturnya.

Menkeu Sri Mulyani Bahas Utang Pemerintah dengan Komisi XI DPR

Poinnya adalah generasi milenial harus bijak tentukan mana yang penting dan keinginan saja. Jangan melihat teman pakai sepatu baru kemudian mau, nonton Avegers lalu pergi nonton.

"Jadi masalah ketidaknyamanan menentukan masa depan kita. Artinya, jangan ketika teman nonton Avenger terus kita enggak jadi enggak bisa ikut cerita. Akali kalian bisa lihat trailer di youtube, baca referensi dan ikut bilang oh iya keren. So, bikin keputusan jangan dari tekanan," ujarnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini