nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teror Bom, Bagaimana Kelanjutan Asian Games dan Pertemuan IMF-World Bank?

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 14:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 14 20 1898056 teror-bom-bagaimana-kelanjutan-asian-games-dan-pertemuan-imf-world-bank-8bIn6Kwqjf.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Feby/Okezone

JAKARTA - Pemerintah berharap aparat keamanan bisa segera memulihkan kondisi Indonesia pasca teror bom gereja di Surabaya. Pasalnya, Indonesia harus menujukan bahwa negara ini aman, apalagi banyak event internasional yang akan dilangsungkan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Indonesia sebagai suatu negara secara reputasi bisa menjaga keamanannya. Sebagai negara berdaulat kita memiliki kemampuan untuk menangani tantangan radikalisme dan terorisme ini.

Baca Juga: Wapres JK Beberkan Dana Acara IMF-World Bank Rp810 Miliar

"Kita tentu mendukung penuh apa yang dilakukan aparat keamanan, apakah Polri bersama TNI dan BNPT untuk bisa mengembalikan keamanan yang ada di dalam negeri karena tahun ini kita semua tahu bahwa kita masuk tahun politik, Pilkada, Asian Games, pertemuan IMF-World Bank," tuturnya, di Kantor BPK, Jakarta, Senin (14/5/2018).

Terduga Teroris Ledakan Bom di Mapolrestabes Surabaya Pelaku Menggunakan Sepeda Motor

Menurutnya, tindakan aparat keamanan sangat dinantikan. Apalagi dari kondisi perekonomian global sedang bergejolak tentu aksi teror bom ini bisa mengurangi kepercayaan pada Indonesia. Oleh karena itu, supaya persepsi tersebut tidak terjadi, dalam hal ini negara harus disampaikan aman.

"Jadi dari sisi tindakan yang dilakukan teroris di mana itu terjadi di berbagai negara, kita berharap penanganan ini bisa menimbulkan kepercayaan bahwa Indonesia bisa menjaga keamanan," ujarnya.

Baca Juga: Jelang Pertemuan IMF-World Bank, Bali Antisipasi Tekanan Inflasi

Sebagai informasi, pasca-peristiwa ledakan bom tiga lokasi di wilayah Surabaya, Jawa Timur, wilayah Polda Metro Jaya langsung meningkatkan siaga satu.

“Iya (siaga satu),” ujar Kapolda Metro Jaya Idham Azis.

Bom Bunuh Diri Meledak di Mapolrestabes Surabaya, Ada Anggota Polisi Jadi Korban

Adapun surat yang beredar di kalangan wartawan mengenai surat perintah peningkatan status wilayah hukum Polda Metro Jaya yang bertanda tangan Kapolda Idham Azis. Di mana dalam surat itu, Idham menulis imbauan agar pihak kepolisian meningkatkan status siaga 1 sejak 13 Mei 2018 dimulai pukul 08.00 WIB.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini