Image

Marak Teror Bom, Pengawasan Bandara dan Pelabuhan Ditingkatkan

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 12:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 14 320 1898029 marak-teror-bom-pengawasan-bandara-dan-pelabuhan-ditingkatkan-lT1zQIqc80.jpg Foto: Pengawasan Bandara dan Pelabuhan Ditingkatkan (Feby/Okezone)

JAKARTA - Bandara dan pelabuhan di Indonesia menjadi dua titik yang patut diwaspadai, pasca peristiwa ledakan bom tiga lokasi di wilayah Surabaya.

Guna mengantisipasi wilayah tersebut Kementerian Perhubungan dan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan melakukan peningkatkan keamanan.

Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono mengatakan, sebenarnya untuk sektor transportasi sudah ada SOP pengamanan keadaan.

"Kemarin Bapak Menteri juga sudah melakukan upaya dan pengecekan di beberapa lokasi, ini tentunya memberikan insurance bahwa kita telah melakukan standar security yang maksimal," tegasnya di Kantor BPK, Jakarta, Senin (14/5/2018).

 

Selain itu, langkah seperti tindakan prevention dengan mengerahkan rekan dari TNI/Polri untuk berada di lokasi-lokasi operasi transportasi sudah dilakukan. Pasalnya, ada titik yang patut diawasi seperti bandara dan pelabuhan.

"Pada saat orang baru masuk ke kawasan bandara dan lain-lain (titik berat). Sepeti kemarin Pak Menteri contohkan beliau ikut juga mengecek barang-barang yang dibawa calon penumpang di mobilnya segala macam," bebernya.

Dia menegaskan, kepada petugas pelayanan seluruh fasilitas transportasi diminta untuk meningkatkan kewaspadaan.

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan, instruksi untuk meningkatkan kewaspadaan sudah disampaikan kepada seluruh pegawai Bea Cukai.

"Saya minta kepada seluruh jajaran untuk mengantisipasi dan waspada, tapi tetap dengan aspek pelayanan. Jadi memang tugas berat di situ, pada satu sisi kita waspada, di sisi lain tetap melayani dengan baik," tuturnya.

Khusus petugas pelayanan di bandara dan pelabuhan, diharapkan bisa lebih meningkatkan kewaspadaan. Meski begitu, Heru mengimbau kepada masyarakat untuk percaya dan tidak khawatir terhadap fasilitas pelayanan publik.

"Jangan panik, harus percaya yah. Kita sudah imbau untuk semua jajaran saya waspadai ini terutama bandara dan pelabuhan," tukasnya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini