Image

Perhimpunan Perbankan Nasional Beberkan Manfaat Literasi Keuangan, Apa Saja?

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 19:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 14 320 1898265 perhimpunan-perbankan-nasional-beberkan-manfaat-literasi-keuangan-apa-saja-KnN4X4Tyb2.jpg Bank (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Direktur Eksekutif Perhimpunan Perbankan Nasional (Perbanas), Achmad Friscantono, mengungkapkan banyak manfaat yang didapat dari finance literation program untuk masyarakat. Manfaat pertama, untuk mencegah berkembangnya penipuan-  penipuan dalam sektor bisnis dan keuangan.

"Mencegah penipuan inikan macam-macam, katanya kalau investasi disini meghasilkan return yang sekian. Padahal,  kadang-kadang enggak pakai 'sense'. Katakan returnya 200% atau 300%, masa ada dalam waktu 1 tahun sebesar itu," kata dia melalui keterangan di Jakarta, Senin (14/5/2018).

Penyaluran Kredit Perbankan Tumbuh 8 Persen

"Supaya mengerti dan dapat menimbang antara 'risk' dengan 'return' itu ada di ritelasi keuangan,"  imbuh dia.

Sedangkan manfaat yang kedua, ialah untuk mengenal produk-produk dalam industri keuangan. Selain saham dan deposito sebenarnya masih banyak produk-produk lain.

"Seperti reksadana, obligasi, ori itukan bagian dari literasi keuangan juga. Apalagi bank kadang-kadang produknya canggih juga, ada produk direvatif misalnya," jelas dia.

Penyaluran Kredit Perbankan Tumbuh 8 Persen

Manfaat yang ketiga, dapat membantu pemerintah yang saat ini sedang membutuhkan dana besar untuk pembangunan infrastruktur. Alternatif lainya, masyarakat dapat membeli saham-saham perusahaan konstruksi tersebut.

"Misalnya yang menbangun infrastruktur Adhi Karya, dia menerbitkan obligasi dijual kemasyarakat. IPO masyarakat yang beli. Nah kalau saling mendukung seperti  itu ekonomi bisa cepat lagi," pungkas dia.

Diketahui, Pemerintah, dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berupaya untuk melakukan edukasi dan literasi di bidang keuangan, khususnya bagi masyarakat kalangan muda, siswa SMA atau sekolah sederajat.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini