Image

Rupiah Anjlok Rp14.000/USD, Begini Tanggapan Fitch

ant, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2018 08:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 16 278 1898837 rupiah-anjlok-rp14-000-usd-begini-tanggapan-fitch-iTKIhBe5tn.jpg Ilustrasi: Rupiah Tembus Rp14.000/USD (Foto Shutterstock)

JAKARTA - Lembaga pemeringkat kredit internasional Fitch Ratings menilai depresiasi Rupiah belakangan ini dapat menambah tekanan pada pengembang (developer) di Indonesia.

Menurut Fitch, hal tersebut dikarenakan pengembang di Indonesia memiliki sebagian besar pinjaman dalam mata uang dolar AS.

Rupiah adalah mata uang berkinerja terburuk kedua di Asia dalam tiga bulan terakhir dan menembus Rp14.000 per USD, level yang tidak terlihat sejak Desember 2015.

"Dalam jangka pendek, ini akan mempengaruhi pengembang Indonesia karena bunga dan pembayaran modal akan meningkat dalam mata uang lokal. Masing-masing pengembang yang di-rating oleh Fitch memiliki 50% atau lebih dari pinjaman mereka dalam dolar AS karena obligasi berdenominasi dolar secara tradisional lebih menarik karena mereka memiliki basis investor yang lebih luas dan lebih murah daripada pinjaman bank atau obligasi domestik," tulis Fitch dalam pernyataan resmi yang diterima Jakarta, Rabu (16/5/2018).

 Rupiah Tak Berisiko Melemah ke Level Rp15.000 per Dolar AS

Fitch juga percaya bahwa depresiasi mata uang juga dapat menyebabkan buyers menunda pembelian besar karena ketidakpastian seputar pemilihan presiden pada 2019. Akibatnya, ini dapat menghasilkan presales yang lebih rendah dari perkiraan dan arus kas yang terkait.

Margin keuntungan tebal pengembang Indonesia berasal dari bank-bank tanah mereka yang besar dan berbiaya rendah, yang menyediakan bantalan yang cukup terhadap depresiasi rupiah, tetapi marjin dapat menipis seiring waktu jika permintaan properti lunak dan depresiasi mata uang masih ada.

 Rupiah Tak Berisiko Melemah ke Level Rp15.000 per Dolar AS

Depresiasi rupiah juga akan berdampak terbatas pada profil leverage pengembang. Jika Rupiah melemah ke sekitar Rp15.000 per USD, leverage untuk pengembang yang di-rating oleh Fitch akan meningkat antara 2%-6%.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini